Pengaruh Ewom, Daya Tarik Wisata, Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Rizkiyah, Siti Yuniza Ika and Dr. Drs. Fatchur Rohman,, M.Si. CMA. (2023) Pengaruh Ewom, Daya Tarik Wisata, Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat berkunjung pada wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang (2) pengaruh daya tarik wisata terhadap minat berkunjung pada wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang serta (3) pengaruh sikap konsumen terhadap minat berkunjung pada wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan sebab-akibat antar variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan 140 responden yang diambil dari populasi wisatawan yang belum pernah berkunjung pada wisata air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, berusia minimal 18 tahun, dan pengguna aktif sosial media seperti: Instagram, Twitter, WhatsApp, TikTok, Facebook, Messenger. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu IBM SPSS statistic ver 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, ketiga variabel independen yaitu EWOM, daya tarik wisata, dan sikap konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu minat berkunjung pada wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang.

English Abstract

The objective of this research is to identify (1) the effect of electronic word of mouth on the visit intention at Tumpak Sewu Waterfall Lumajang, (2) the effect of tourist attraction on the visit intention at Tumpak Sewu Waterfall Lumajang, and (3) the effect of consumer attitude on the visit intention at Tumpak Sewu Waterfall Lumajang. This explanatory research explains the causal relationships between variables through hypothesis testing. Taken from the tourist population who had never visited the Tumpak Sewu Lumajang Waterfall tour, with the minimum age of 18 years old, and an active users of social media such as: Instagram, Twitter, WhatsApp, TikTok, Facebook, Messenger, 140 people were selected as the respondents through the use of accidental sampling technique. The research data was analyzed using multiple linear regression in IBM SPSS Statistics version 26.0. This research finds that all of the independent variables, i.e., electronic word of mouth, tourist attraction, and consumer attitude, positively and significantly affect the dependent variable, i.e., the visit intention at Tumpak Sewu Waterfall Lumajang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020659
Uncontrolled Keywords: Minat Berkunjung, Electronic Word of Mouth, Daya Tarik Wisata, Sikap Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:06
Last Modified: 17 Jan 2024 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209083
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Yuniza Ika Rizkiyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item