Kurniatu, Rohmah and Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, S.Pd., M.Pd (2023) Persepsi siswa efl terhadap penggunaan kerja kelompok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kerja kelompok merupakan bagian penting dalam proses belajar siswa karena merupakan bagian dari metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan kerja kelompok di kelas Bahasa Inggris. Dengan menggunakan desain survei, peneliti membagikan kuesioner kepada 125 siswa SMAN 2 Malang untuk mendapatkan informasi tentang pandangan mereka tentang penerapan kerja kelompok selama pembelajaran bahasa mereka. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner. Temuan penelitian menjelaskan bahwa kerja kelompok adalah yang paling disukai siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca dan berbicara. Siswa setuju bahwa kerja kelompok dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan bernalar, kemampuan memecahkan masalah bersama, dan rasa ketergantungan dalam hal yang positif. Namun, faktor lain yang mempengaruhi seperti kemampuan anggota, sikap, dan keinginan untuk bekerja sama memberikan kontribusi sebagai sebuah tim.
English Abstract
Group work is an important part of the student learning process because it is part of the learning method which involves students cooperatively. The study aims to determine students' perceptions of the implementation of group work in English class. Employing the survey design, the researcher distributed the questionnaire to 125 students of SMAN 2 Malang to gain information about their views on implementing group work during their language learning. Descriptive statistics were used to analyze the data gained from the questionnaire. The research findings explain that group work is the most preferred by students for improving reading and speaking skills. Students agree that group work can foster critical thinking skills, reasoning abilities, the ability to solve problems together, and a sense of dependence in positive terms. However, other influencing factors such as the ability of members, attitude, and desire to work together contribute as a team.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Kerja Kelompok di Kelas, Persepsi Siswa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 05:38 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 05:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209082 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kurniatu Rohmah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |