Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Padi Organik di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen

Arcelia, Deva Yudha and Dr. Ir. Suhartini,, MP. and Wiwit Widyawati,, SP. MP (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Padi Organik di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketahanan pangan terjadi ketika setiap orang memiliki akses fisik dan ekonomi untuk mengkonsumsi makanan yang aman dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari. Ketahanan pangan memiliki keterkaitan dengan sektor pertanian. Petani memiliki peran dalam produksi dan distribusi ketersediaan pangan. Namun di beberapa daerah di Indonesia masih terdapat petani yang menghadapi masalah ketahanan pangan di rumah tangganya. Desa Sukorejo merupakan salah satu desa dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Oleh karena itu saya ingin mengetahui ketahanan pangan rumah tangga petani padi organik di Desa Sukorejo dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketahanan pangan rumah tangga petani padi organik, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan rumah tangga petani padi organik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dan pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 67 responden yang dipilih menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin. Metode analisis data menggunakan Food Consumption Score (FCS) sebagai indikator pengukuran ketahanan pangan dan analisis ordered probit untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi ketahanan pangan.

English Abstract

Food security occurs when everyone has physical and economic access to consume safe and nutritious food in their daily life. Food security is related to the agricultural sector. Farmers have a role in the production and distribution of food availability. However, in several regions in Indonesia there are still farmers who face food security problems in their households. Sukorejo Village is one of the villages where the majority of the population works as farmers. Therefore, I want to know the food security of households of organic rice farmers in Sukorejo Village and what factors influence it. The purpose of this study was to determine the food security of organic rice farming households, and to determine the factors that influence organic rice farming household food security. The approach used in this research is a quantitative approach and the location selection was carried out purposively. The number of samples used in the research was 67 respondents selected using simple random sampling with the Slovin formula. The data analysis method uses the Food Consumption Score (FCS) as an indicator for measuring food security and ordered probit analysis to find out what factors affect food security.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:18
Last Modified: 12 Jan 2024 05:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209079
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Deva Yudha Arcelia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item