SAPUTRI., DESNA MAYA and Dr. Fadli Mulyadi,, SP., MP. and Febriananda Faizal,, SP., MP. (2023) Analisis Sikap Konsumen dan Willingness to Pay terhadap Produk Beras Organik Sekar Putih GAPOKTAN Pagung Podo Mulyo di Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Adanya tren gaya hidup sehat menjadikan masyarakat mulai selektif untuk mengonsumsi berbagai bahan pangan alami. Salah satu produk organik yang memiliki tren positif adalah beras organik. GAPOKTAN Pagung Podo Mulyo merupakan salah satu produsen beras organik yang telah memiliki sertifikasi organik LeSOS sejak tahun 2017. Beras organik merek Sekar Putih merupakan salah satu produk unggulan di Desa Pagung. Namun, produk pertanian organik belum memiliki kebijakan atau penetapan mengenai aturan harga yang khusus. Untuk menciptakan keseimbangan pasar dapat dilakukan dengan menganalisis willingness to pay konsumen beras organik. Penilaian konsumen terhadap suatu produk juga penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui atribut-atribut yang dinilai positif oleh konsumen, sehingga produsen dapat memaksimalkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap beras organik Sekar Putih, mengetahui berapa nilai WTP yang bersedia dibayar, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi WTP tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penentuan lokasi secara sengaja di GAPOKTAN Pagung Podo Mulyo Desa Pagung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu jenis teknik convenience sampling atau pengambilan responden dengan memilih orang terdekat yang paling mudah dihubungi serta memenuhi kriteria yang ditemui pada saat penelitian. Metode Pengambilan sampel untuk menghitung WTP menggunakan rumus Lemeshow, dengan tingkat error 15% menghasilkan jumlah 43 responden. Sedangkan jumlah sampel tambahan untuk mengetahui sikap konsumen yang belum pernah mengonsumsi beras organik didapatkan dengan mengalikan 5 dari jumlah atribut produk yang diteliti, yaitu 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Model Multiatribut Fishbein, analisis Contingent Valuation Method (CVM), serta analisis regresi logistik.
English Abstract
The existence of a healthy lifestyle trend has made people start to be selective in consuming various natural food ingredients. One organic product that has a positive trend is the desire to buy organic rice. GAPOKTAN Pagung Podo Mulyo is an organic rice producer that has had LeSOS organic certification since 2017. Organic rice with the Sekar Putih brand is one of the superior products in Pagung Village. However, organic agricultural products do not yet have policies or stipulations regarding specific price rules. To create market balance, this can be done by analyzing the willingness to pay of organic rice consumers. Consumer evaluation of a product is also important to do in order to find out the attributes that are considered positive by consumers, so that producers can maximize their business. This study aims to find out how consumers' attitudes towards Sekar Putih organic rice, find out how much the WTP value is willing to pay, and find out the factors that influence the WTP. This study used a quantitative approach The location of this research was carried out at GAPOKTAN Pagung Podo Mulyo which is in Pagung Village, Semen District, Kediri Regency. The location selection was made purposively by considering that the location contained one of GAPOKTAN which produces its own organic rice products. The sampling method used in this study is non-probability sampling. The sampling technique used is the type of convenience sampling technique or taking respondents without planning and selecting the closest person who is the easiest to contact and meets the criteria encountered during the study. The sampling method for calculating the WTP uses the Lemeshow formula, with an error rate of 15% resulting in a total of 43 respondents. While the number of additional samples to determine the attitudes of consumers who have never consumed organic rice is obtained by multiplying 5 of the number of product attributes studied, namely 40 respondents. The data analysis technique used in this study is the Fishbein Multiattribute Model analysis, Contingent Valuation Method (CVM) analysis, and logistic regression analysis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username chikyta |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 04:54 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 04:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209072 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
DESNA MAYA SAPUTRI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |