Hubungan Pembelajaran E-Learning Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Pada SMA Negeri 5 Malang)

Hutami, Faridita Meiwati and Dr. Suryadi, MS and Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., MA (2023) Hubungan Pembelajaran E-Learning Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Pada SMA Negeri 5 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi mutlak yang menjadi ciri khas atau pembeda antara profesi guru dengan profesi lainnya. Kompetensi pedagogik menuntut guru untuk mampu memahami berbagai aspek dalam diri peserta didik yang berhubungan dengan pembelajaran. Salah satu aspek dalam kompetensi pedagogik yaitu pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Perkembangan teknologi telah diperkenalkan melalui guru untuk membantu peserta didik belajar dengan metode mengajar dan media belajar yang lebih efisien, salah satunya adalah penerapan sistem pembelajaran elektronik atau e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan mengenai hubungan pembelajaran e-learning terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 5 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan e-learning sebagai variabel independen dan kompetensi pedagogik guru sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 61 orang guru sebagai responden. Pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan aplikasi pengolahan data software Statistical Program and Service Solutions (SPSS) versi 21 for windows. Pada penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata variabel e-learning sebesar 4,11 dan nilai rata-rata variabel kompetensi pedagogik guru sebesar 4,09. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel e-learning memiliki nilai T sebesar 3,570 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 (0,001<0,05). Nilai signifikan < Alpha menunjukkan secara parsial bahwa variabel e-learning berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru, nilai koefisien beta menunjukkan nilai sebesar 0,421 (berpengaruh positif) sehingga hipotesis H1 diterima. Dapat disimpulkan dari data bahwa terdapat hubungan dari pembelajaran e-learning terhadap kompetensi pedagogik guru. Artinya meski proses belajar mengajar diterapkan dengan bantuan media elektronik tetap memiliki pengaruh terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru.

English Abstract

Pedagogical competence is one of the essential competencies that distinguishes the teaching profession from others. Pedagogical competence requires teachers to understand various aspects of students related to learning. One aspect of pedagogical competence is the utilization of technology, information, and communication for learning purposes. Technological advancements have been introduced by teachers to assist students in learning with more efficient teaching methods and learning media, one of which is the implementation of electronic learning systems or e-learning. This research aims to identify, analyze, and describe the relationship between e-learning and the pedagogical competence of teachers at Public Senior High School 5 Malang. The research method used is descriptive research with a quantitative approach, using e-learning as the independent variable and teachers' pedagogical competence as the dependent variable. The sample consists of 61 teachers as respondents. Descriptive analysis and simple linear regression analysis with Statistical Program and Service Solutions (SPSS) version 21 for Windows were used in this study. The average value of the e-learning variable in this research is 4.11, and the average value of the teachers' pedagogical competence variable is 4.09. The research results indicate that the e-learning variable has a T value of 3.570 with a significant value of 0.001 (0.001<0.05). A significant value < Alpha indicates that the e-learning variable partially influences teachers' pedagogical competence, and the beta coefficient value is 0.421 (positive influence), confirming hypothesis H1. In conclusion, there is a relationship between e-learning and teachers' pedagogical competence based on the data. This means that even though the teaching and learning process is facilitated by electronic media, it still has an impact on improving teachers' pedagogical competence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030575
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Kompetensi Pedagogik Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:55
Last Modified: 15 Jan 2024 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209004
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faridita Meiwati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item