Penerapan Aplikasi Manajemen Surat Korporat pada PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya,

Mestika, Farhana Dinda and Muhammad Shobaruddin, Dr. Drs., MA and Niken Lastiti V.A., Dr, SAP, MAP (2023) Penerapan Aplikasi Manajemen Surat Korporat pada PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tata naskah dinas merupakan proses pengelolaan naskah dinas yang dalam pelaksanaannya mengatur proses kegiatan surat menyurat yang meliputi surat masuk, surat keluar, dan pengarsipan. Penerapan Aplikasi Manajemen Surat (AMS) Korporat pada PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya sebagai bentuk mengoptimalkan proses pengelolaan surat menyurat untuk mengirimkan naskah dinas lebih cepat dan tepat, serta menghindari terjadinya surat yang tidak sampai pada tujuan dan kerusakan hingga kehilangan surat. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis penerapan aplikasi manajemen surat pada PLN UID Jakarta Raya serta mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam penerapan aplikasi manajemen surat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PLN UID Jakarta Raya telah menerapkan Aplikasi Manajemen Surat (AMS) Korporat dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar berjalan sesuai dengan pengelolaan arsip elektronik yaitu penciptaan dan penyimpanan, distribusi dan penggunaan, dan disposisi sudah dilakukan secara elektronik sehingga meningkatkan kelancaran dalam penerimaan surat, pendistribusian surat, dan pencarian surat menjadi lebih efisien, namun untuk pemeliharaan belum dilaksanakan secara rutin. Dengan Faktor keberhasilan penerapan ini terdapat strategi organisasi, dukungan manajemen, dukungan staf, karakteristik teknologi, dan karakteristik lingkungan. Namun, terdapat kendala yang masih terjadi diantaranya terdapat keterbatasan akses dalam tanda tangan digital dan kurangnya pemeliharaan pada aplikasi.

English Abstract

Official document management is the process of managing official documents which in its implementation regulates the process of correspondence activities which include incoming letters, outgoing letters and archiving. Implementation of the Corporate Letter Management Application (AMS) at the PLN Main Distribution Unit (UID) Jakarta Raya as a form of optimizing the correspondence management process to send official documents more quickly and precisely, as well as avoiding the occurrence of letters not reaching their destination and damage to the point of losing the letter. The aim of this research is to find out, describe and analyze the implementation of the mail management application at PLN UID Jakarta Raya and to find out the factors that influence the success of implementing the mail management application. The research method used in this research is descriptive research with a qualitative approach. Data collection was carried out by researchers using observation, interviews and documentation methods. The data analysis technique used is through the process of data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that PLN UID Jakarta Raya has implemented the Corporate Mail Management Application (AMS) in managing incoming and outgoing mail in accordance with electronic archive management, namely creation and storage, distribution and use, and disposition has been done electronically thereby increasing smoothness. in receiving letters, distributing letters, and searching for letters has become more efficient, but maintenance has not been carried out routinely. The success factors for this implementation include organizational strategy, management support, staff support, technological characteristics and environmental characteristics. However, there are still obstacles that occur, including limited access to digital signatures and lack of maintenance on the application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030574
Uncontrolled Keywords: Tata Naskah Dinas, Pengelolaan Arsip Elektronik, Aplikasi Manajemen Surat (AMS).
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:55
Last Modified: 15 Jan 2024 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208972
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farhana Dinda Mestika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item