Studi Kualitatif: Persepsi Pemilihan Makan dan Perilaku Remaja Putri Terkait Konten Makanan pada Media Sosial Instagram

Putri, Shameela Lubna and Olivia Anggraeny,, S.Gz, M.Biomed and Intan Yusuf Habibie,, S.Gz, M.Sc (2022) Studi Kualitatif: Persepsi Pemilihan Makan dan Perilaku Remaja Putri Terkait Konten Makanan pada Media Sosial Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masa remaja merupakan periode yang sangat krusial karena pada masa ini tubuh memerlukan nutrisi yang optimal. Seriiring berkembangnya teknologi, terjadi peningkatan penggunaan media sosial di kalangan remaja. Menurut Kemenkominfo Republik Indonesia 80 persen pengguna internet di Indonesia diantaranya terdiri dari remaja 15-19 tahun. Salah satu media sosial yang digemari remaja adalah Instagram. Instagram memiliki kemampuan untuk mengubah perilaku dan dapat mempengaruhi pilihan makan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemilihan makan dan perilaku remaja putri terkait konten makanan pada Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif dengan natural seting yang dilakukan dengan Focus Group Discussion dan wawancara mendalam dengan 13 informan kunci berusia 16-17 tahun dan 3 informan pendukung yang berasal dari Jawa Timur. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan elemen persuasi membuat remaja putri tergiur dan berinteraksi dengan pengguna akun lainnya. Keputusan mengkonsumsi makanan dari konten makanan yang dilihat dipengaruhi oleh faktor personal dan sosioekonomi. Segala aktivitas remaja terkait konten makanan pada Instagram difasilitasi oleh media sosial Instagram itu sendiri. Remaja putri cenderung menonton jenis makanan yang tinggi lemak, gula dan natrium dan cenderung memutuskan untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

English Abstract

the development of technology, there is an increase in the use of social media among teenagers. According to the Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia, 80 percent of internet users in Indonesia consist of teenagers 15-19 years old. One of the most popular social media for teenagers is Instagram. Instagram can change behavior and can influence a person's eating choices. This study aims to determine the perception of eating choice and the behavior of adolescence related to food content on Instagram. This research is exploratory qualitative research with a natural setting conducted with Focus Group Discussion and in-depth interviews with 13 key informants aged 16-17 years old and 3 supporting informants from East Java. This study shows adolescence often tempted by the persuasion element on food content and interacts with other Instagram account users. Consumption of food related to Instagram content influenced by personal and socioeconomic factor. All activity related to food content in Instagram facilitated by Instagram itself. Adolescence tends to watch fatty, high in sugar, and salty food and consume these foods after viewing food content on Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052316
Uncontrolled Keywords: Studi Kualitatif, Remaja Putri, Pemilihan Makan, Perilaku, Instagram - Qualitative study, Adolescence, Food Choice, behavior, Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:07
Last Modified: 12 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208937
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHAMEELA LUBNA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item