Analisis Brand Management pada Produk Melon Premium Hidroponik The Farmhill.

Lailatul Badriyah, Novi and Dr. Dwi Retno Andriani, SP., MP. and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA (2023) Analisis Brand Management pada Produk Melon Premium Hidroponik The Farmhill. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pertanian khususnya pertanian hidroponik terus mengalami perkembangan di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Perkembangan sistem pertanian jenis ini tidak hanya seputar sayuran, melainkan juga buah termasuk buah melon. Peluang akan nilai ekonomi buah melon yang tinggi serta permintaan yang terus mengalami peningkatan rupanya berhasil diidentifkasi oleh salah satu perusahaan pertanian modern yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah yaitu The Farmhill. The Farmhill merupakan merek dagang yang dimiliki oleh PT Kebun Bumi Lestari yang memusatkan perhatian pada budidaya sayur dan buah secara hidroponik di dalam greenhouse. Melalui keberhasilan memproduksi serta memasarkan melon berlabel “Premium Harvested Hydropnic Melon” di sepanjang tahun 2022 tidak menjadikannya sebagai titik henti, melainkan sebagai pacuan di tahun berikutnya. Seperti misinya di awal berdiri, The Farmhill memiliki target untuk menjadi market leader melon hidroponik di Indonesia. Target tersebut pada dasarnya dapat tercapai dengan peningkatan skala produksi melalui penambahan greenhouse. Namun perlu digaris bawahi, peningkatan skala poroduksi harus diimbangi dengan permintaan konsumsi. Penting bagi perusahaan untuk mengetahui karakteristik perilaku konsumen akhirnya di outlet mitra dalam mempengaruhi keputusan pembelian berulang untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Konsumen akhir yang melakukan pembelian berulang merupakan aset berharga bagi perusahaan, karena secara signifikan akan mempengaruhi permintaan outlet mitra terhadap perusahaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Analisis Brand Management pada Produk Melon Premium Hidroponik The Farmhill”. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu SEM-PLS dengan software SmartPLS4 serta analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention maupun brand trust. Sedangakan variabel brand image hanya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention, namun tidak terhadap brand trust. Kemudian untuk variabel brand trust yang berperan sebagai variabel mediasi terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention sehingga pengujian konstruk dengan efek mediasi dapat dilanjutkan dan didapatkan hasil kualitas produk melaui brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention, namun tidak dengan brand image. Varibel brand image melalui brand trust berpengaruh secara positif, namun tidak signifikan terhadap repurchase intention.

English Abstract

Agricultural industry, especially hydroponic farming, continues to experience development in various countries, one of them is Indonesia. The development of this type of agricultural system is not only about vegetables, but also fruits, including melons. Opportunities for the high economic value of melons and its increasing demand have been identified by a modern agricultural company located in Semarang, Central Java, namely The Farmhill. The Farmhill is a trademark owned by PT Kebun Bumi Lestari which focuses on hydroponic vegetable and fruit cultivation. The success of producing and marketing melons labeled "Premium Harvested Hydropnic Melon" throughout 2022 does not make it a stopping point, but rather a race for the following year. As its initial mission, The Farmhill has a target to become market leader for hydroponic melons in Indonesia. This target can basically be achieved by increasing the production scale through the addition of greenhouses. But it needs to be underlined, the increase in production scale must also be balanced with consumption demand. It is important for companies to know the characteristics of consumer behavior in partner outlets in influencing repeat purchase decisions to determine the right marketing strategy. End consumers who make repeated purchases are a valuable asset for the company, because it will significantly affect the demand for partner outlets for the company. Therefore the authors are interested in conducting research on " Brand Management Analysis of The Farmhill’s Premium Harvested Hydroponic Melon Product”. This research was conducted with a quantitative approach. The sampling method used was convenience sampling by taking a sample of 100 respondents. The data analysis used was SEM-PLS with SmartPLS 4 software and descriptive statistical analysis. The results of the study show that product quality variables have a positive and significant effect on repurchase intention and brand trust. Meanwhile, the brand image variable only has a positive and significant effect on repurchase intention, but not on brand trust. Then for the brand trust variable which acts as a mediating variable it is proven to have a positive and significant effect on repurchase intention so that construct testing with a mediating effect can be continued and the product quality results obtained through brand trust have a positive and significant effect on repurchase intention, but not with brand image. Brand image variable through brand trust has a positive effect, but not significant to repurchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:59
Last Modified: 12 Jan 2024 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208919
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Novi Lailatul Badriyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item