Analisis Minat Peternak Terhadap Penggunaan Semen Beku Hasil Transfer Embrio Sapi Friesian Holstein di Desa Bendosari, Pujon, Jawa Timur

Pramadinah, Muhammad Rabbani and Ir. Rizki Prafitri, S.Pt., M.A., Ph.D. (2023) Analisis Minat Peternak Terhadap Penggunaan Semen Beku Hasil Transfer Embrio Sapi Friesian Holstein di Desa Bendosari, Pujon, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasca wabah penyakit mulut dan kuku yang melanda, meninggalkan dampak negatif bagi ternak sapi perah yaitu penurunan produksi susu dan penurunan performan sapi. Salah satu cara untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan melakukan perbaikan secara genetik. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu adalah melakukan inseminasi buatan menggunakan semen beku hasil transfer embrio dengan genetik sapi unggul dan salah satu genetik sapi perah yang unggul dan umum digunakan adalah sapi Friesian Holstein. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang berpengaruh terhadap minat peternak dalam penggunaan semen beku hasil transfer embrio sapi Friesian Holstein. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai literatur pendukung untuk pihak Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) untuk memproduksi semen beku hasil transfer embrio sapi Friesian Holstein. Penelitian ini dilakukan di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sampel pada penelitian ini adalah peternak sapi perah yang terdaftar dan aktif sebagai anggota koperasi (Kop SAE) yang merupakan target pemasaran dari semen beku hasil transfer embrio sapi Friesian Holstein. Pengambilan data dilakukan dengan proses wawancara terhadap 121 responden selama tiga bulan yang dimulai pada bulan Januari sampai Maret 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan uji analisis data menggunakan regresi linear berganda. Terdapat dua faktor yang menjadi variabel yang dapat mempnegaruhi minat peternak terhadap penggunaan semen beku hasil transfer embrio sapi Friesian Holstein pada penelitian ini, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam individu seseorang, yang meliputi tingkat pendidikan, tingkat usia, tingkat pengalaman beternak, dan skala atau jumlah ternak. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar individu seseorang, yang meliputi harga semen beku, tingkat keberhasilan, promosi, dan genetik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat simpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat peternak terhadap penggunaan semen beku hasil transfer embrio sapi Friesian Holstein adalah faktor jumlah ternak, harga semen, tingkat keberhasilan, promosi dan genetik. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi minat peternak terhadap penggunaan semen beku hasil transfer embrio sapi Friesian Holstein adalah faktor tingkat pendidikan, tingkat usia, dan tingkat pengalaman beternak. Saran dari penelitian ini adalah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para peternak terkait kelebihan dan kekurangan dari produk semen beku hasil transfer embrio sapi Friesian Holstein sebelum diproduksi.

English Abstract

After the foot and mouth disease, left significant impact on the farmers, decreased of milk production and performance of dairy cows. A way to solve this problem is by applying biotechnology. The purpose of this study was to analyze factors that influenced the interest in using frozen semen from embryo transfer of Friesian Holstein. Data collection in this study was carried out by interviewing 121 dairy farmer in Bendosari Village. Variables measured includes education, age, experience, number of livestock, price, success rate, promotion, and genetic. Test data analysis used multiple linear regression. The results of this study showed the factors that influence farmer’s interest were the number of livestock, price, success rate, promotion, and genetics, in a while age, education, and experience have no influence to implementation frozen semen from embryo transfer of Friesian Holstein. The conclusion that age, education, and experience had no influence on the implementation of frozen cement from embryo transfer of Friesian Holstein. While the number of livestock, price, success rate, promotion, and genetics have the influence to interst of the implementation of frozen semen from embryo transfer of Friesian Holstein. The suggestion was to conduct education on products that will be sold to the farmers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: foot and mouth disease, farmer interest, frozen semen, embryo transfer.
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:43
Last Modified: 12 Jan 2024 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208869
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Rabbani Pramadinah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item