Dwi Anggita, Nidya and Dr. Ir. Agustina Shinta H. W.,, MP. and Febriananda Faizal,, SP., MP. (2023) Pengaruh Atribut Produk Sayuran Hidroponik terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemi COVID-19 di P4S Maura Farm Bekasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mengatur gaya hidup sehat menjadi salah satu ukuran standar kualitas yang sangat penting saat ini. Gaya hidup sehat menjadi kebiasaan baru, salah satunya dengan meningkatkan pola makan dengan mengkonsumsi pangan sehat dan bergizi tinggi seperti sayuran. Kebutuhan sayuran yang semakin meningkat tiap tahunnya berbanding terbalik dengan lahan pertanian yang tersedia terutama di wilayah perkotaan, maka dari itu, sayuran hidroponik dapat menjadi solusi dalam memenuhi permintaan sayuran di masa pandemi COVID-19. Kejadian pandemi COVID-19 menyebabkan seseorang melakukan pola hidup sehat sehingga terjadi peningkatan tren gaya hidup sehat. Alternatif pilihan yang disediakan untuk masyarakat melakukan gaya hidup sehat yakni mengkonsumsi sayuran hidroponik. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Bekasi yaitu pada P4S Maura Farm Bekasi. P4S Maura Farm Bekasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden yang memenuhi syarat yaitu pernah membeli dan mengkonsumsi prosuk sayuran hidroponik di P4S Maura Farm Bekasi setidaknya satu kali. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Hasil dari penelitian pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di P4S Maura Farm Bekasi memiliki pengaruh R2 sebesar 0,636, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel X1 (kualitas), X2 (Merek), X3 (Kemasan), X4 (Harga) sebesar 63,6% sedangkan sisanya 36,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Variabel kualitas, merek dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kemasan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal yang perlu diperhatikan oleh P4S Maura Farm Bekasi yaitu untuk tetap menjaga dan memperhatikan kualitas, merek, dan harga pada produk sayuran hidroponik di P4S Maura Farm Bekasi. Hal tersebut dikarenakan indikator yang merefleksikan variabel kualitas, merek, dan harga memiliki nilai rata-rata di atas 3 (tiga). Nilai indikator di tersebut menunjukkan bahwa konsumen setuju dengan indikator tersebut danproduk yang ditawarkan P4S Maura Farm Bekasi memenuhi keinginan konsumen.
English Abstract
Regulating a healthy lifestyle is one of the most important quality standards measures today. A healthy lifestyle has become a new habit, one of which is by improving diet by consuming healthy and highly nutritious foods such as vegetables. The need for vegetables that is increasing every year is inversely proportional to the available agricultural land, especially in urban areas, so hydroponic vegetables can be a solution in meeting vegetable demand during the COVID-19 pandemic. The occurrence of the COVID-19 pandemic causes a person to adopt a healthy lifestyle so that there is an increase in healthy lifestyle trends. Alternative options provided for people to live a healthy lifestyle are consuming hydroponic vegetables. The location of the research was carried out in the city of Bekasi, namely at P4S Maura Farm Bekasi. P4S Maura Farm Bekasi. Determination of the sample in this study using purposive sampling method with a total sample of 105 respondents who meet the requirements that have bought and consumed hydroponic vegetable products at P4S Maura Farm Bekasi at least once. Analysis of the data used in this study using SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square). The results of the research on the influence of the marketing mix on the purchasing decision of hydroponic vegetables at P4S Maura Farm Bekasi have an R2 effect of 0.636, from these results it can be concluded that the purchasing decision variable (Y) can be explained by the variables X1 (quality), X2 (Brand), X3 ( Packaging), X4 (Price) of 63.6% while the remaining 36.4% is explained by other variables outside the study. The quality, brand and price variables have a positive and significant effect on purchasing decisions, while the packaging variable has a positive but not significant effect on purchasing decisions. The thing that P4S Maura Farm Bekasi needs to pay attention to is to maintain and pay attention to the quality, brand, and price of hydroponic vegetable products at P4S Maura Farm Bekasi. This is because the indicators that reflect the variables of quality, brand, and price have an average value of above 3 (three). The indicator value shows that consumers agree with these indicators and the products offered by P4S Maura Farm Bekasi meet consumer desires.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username ismiatun |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 02:25 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208820 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
NIDYA DWI ANGGITA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |