Persepsi Konsumen Terhadap Barista Wanita di Sarijan Coffee Kota Malang.

Alfairda, Netanya and Dr. Asihing Kustanti,, S. Hut., M.Si. and Vi’in Ayu Pertiwi, (2023) Persepsi Konsumen Terhadap Barista Wanita di Sarijan Coffee Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumsi kopi yang tinggi tidak terlepas dari tren gaya hidup masyarakat yang senang berkumpul dan mengakibatkan coffee shop (kedai kopi) ikut berkembang pesat. Konsep coffee shop yang dulunya selalu di pinggir jalan dan sederhana kini memiliki konsep yang meluas. Salah satu kota yang terkenal akan coffee shopnya yaitu kota Malang. Kota Malang berkembang pesat dari berbagai sektor bidang dimana salah satunya adalah coffee shop. Coffee shop dirancang sebaik mungkin sehingga menghadirkan konsep yang lebih modern. Konsep modern yang dihadirkan oleh pelaku usaha dengan menyajikan olahan kopi yang berkualitas yaitu dengan cara memanfaatkan profesi barista. Salah satu coffee shop di Kota Malang yang memberi kesempatan bagi wanita sebagai barista adalah Sarijan Coffee. Hal ini tentunya dapat menjadi daya tarik konsumen untuk mengunjungi Sarijan Coffee. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap barista wanita pada Sarijan Coffee Kota Malang dan menganalisis pengaruh karakteristik konsumen terhadap persepsi konsumen pada barista wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada bulan Desember 2022 di tiga cabang Sarijan Coffee Kota Malang. Informasi diperoleh dari responden melalui pengambilan sampel dengan menggunakan metode non probability yaitu teknik Accidental Sampling. Sampel yang diperlukan sebanyak 50 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Rules of Thumb. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah konsumen Sarijan Coffee memiliki persepsi positif terhadap barista wanita. Persepsi positif konsumen memunculkan stereotype positif yang menunjukkan seorang wanita layak mendapatkan kedudukan yang sama seperti pria pada lingkungan kerja. Profesi barista tidak dikategorikan dengan gender sehingga dapat dilakukan oleh pria maupun wanita. Hasil penelitian ini juga menunjukkan karakteristik konsumen memiliki pengaruh yang positif terhadap persepsi konsumen Sarijan Coffee. Karakteristik konsumen meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan formal terakhir, pekerjaan, dan pendapatan/uang saku. Hal ini dikarenakan karakteristik konsumen menjadi salah satu faktor yang membentuk dan mempengaruhi masing-masing individu untuk memberikan makna pada lingkungan sekitar mereka.

English Abstract

High coffee consumption is inseparable from the lifestyle trend of people who likes to hang out therefore this phenomenon has carried a massive increase of coffeeshop growth. The previous old model concept stated that coffee shop only lies on the side of street and simple, nevertheless the new model extinguish the old model coffee shop. The city of Malang, a famous city for its coffee shop, is growing rapidly on various sectors, one of which is a coffee shop. Through a profound experience Malang’s coffee shop is now designed as well as possible in order to present a more modern eye catching concept. The modern concept, presented by business actors serving higher quality processed coffee, is enacting the barista profession. One of many the coffee shops in Malang City that presents opportunities for women to be hired as baristas is Sarijan Coffee. This certainly can be an attraction for consumers to visit Sarijan Coffee. The aims of this study are (1) to analyze consumer perceptions of female baristas at Sarijan Coffee Malang City and (2) to analyze the influence of consumer characteristics on consumer perceptions of female baristas. This research uses a quantitative approach and was started in December 2022 at three Sarijan Coffee branches in Malang City. Information is obtained from respondents through sampling using a non-probability method, namely the Accidental Sampling technique. The acquired sample is gathered from 50 respondents and determined using the Rules of Thumb formula. Data used collection techniques are questionnaires, observation and documentation. The used data analysis method in this study are descriptive statistics and multiple linear regression analysis. The results of this study state that Sarijan Coffee consumers have a positive perception of female baristas. Positive consumer perceptions leads to positive stereotypes that show a woman deserves the same position as a man in the work ecosystem. The barista profession is not categorized by gender in other words it can be executed by both men and women. The results of this study also show that consumer characteristics have a positive and crucial influence on consumer perceptions of Sarijan Coffee in which consumer characteristics include gender, age, last formal education, occupation, and income. This is caused by consumer characteristics which are one of the factors that influence and tilt everyone to give meaning to the environment around them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:05
Last Modified: 12 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208782
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Netanya Alfairda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item