Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Amstirdam Coffee Malang

Zidane, Van and Bayu Adi Kusuma, SP., M.BA (2023) Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Amstirdam Coffee Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi saat ini mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan segala aktivitasnya. Dengan berkembangnya media sosial saat ini harus dimanfaatkan secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis coffee shop menjadi salah satu industri yang memiliki potensi baik dan berkembang dengan sangat pesat, dikarenakan berhubungan dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu cara yang saat ini digunakan oleh pelaku usaha coffee shop dalam meningkatkan penjualan mereka adalah dengan strategi pemasaran. Salah satu media sosial yang sedang digemari dan banyak pengguna adalah Instagram. Media sosial Instagram menyediakan beragam fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha bagi kelancaran usahanya. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, 1) Mendeskripsikan isi dari media sosial Instagram Amstirdam Coffee Malang, 2) Mendeskripsikan keputusan pembelian konsumen pada Amstirdam Coffee Malang, 3) Menganalisis pengaruh media sosial Instagram Amstirdam Coffee Malang terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan lokasi penelitian berada di Amstirdam Coffee & Roastery Ruko Soekarno Hatta Indah. D.18, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Adapun sample penelitian adalah 100 orang konsumen yang mengetahui Amstirdam Coffee melalui sosial media Instagram. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuisoner dan dokumentasi terhadap pengunjung Amstirdam Coffee. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecenderungan posting yang dilakukan oleh Amstirdam Coffee & Roastery Kota Malang yaitu pada hari sabtu, tema paling dominan pada postingan Instagram Amstirdam Coffee & Roastery adalah Aspiration and Beliefs, tidak ditemukan posting dalam bentuk shopping tag dan posting yang diunggah mendapat respon dari pengguna, dimana respon tersebut berupa like dan comments dengan jumlah likes terbanyak <500 likes dengan 89 posting. Keputusan pembelian konsumen di Amstirdam Coffee & Roastery Kota Malang sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi. Promosi melalui media sosial Instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Amstirdam Coffee & Roastery.

English Abstract

Technological developments that are able to make it easy for people to carry out all their activities. With the development of social media today must be utilized optimally in everyday life. The coffee shop business is an industry that has good potential and is growing very rapidly, because it is related to the needs of the community. One way currently used by coffee shop businesses to increase their sales is with a marketing strategy. One of the most popular social media and many users is Instagram. Instagram social media provides a variety of facilities that can be utilized by businesses for the smooth running of their business. This study has three objectives, namely, 1) To describe the contents of Instagram Amstirdam Coffee Malang's social media, 2) To describe consumer purchasing decisions at Amstirdam Coffee Malang, 3) To analyze the influence of Instagram Amstirdam Coffee Malang's social media on purchasing decisions. In this study, the quantitative method was used with the research location being at Amstirdam Coffee & Roastery Ruko Soekarno Hatta Indah. D.18, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang City. The research sample is 100 consumers who know about Amstirdam Coffee through Instagram social media. Data collection techniques through observation, questionnaires and documentation of Amstirdam Coffee visitors. The collected data were analyzed using simple linear regression analysis and descriptive analysis. The results showed that the tendency of posts made by Amstirdam Coffee & Roastery Malang City was on Saturdays, the most dominant theme on Amstirdam Coffee & Roastery's Instagram posts was Aspiration and Beliefs, there were no posts in the form of shopping tags and posts uploaded received responses from users. , where the response is in the form of likes and comments with the most number of likes <500 likes with 89 posts. Consumer purchasing decisions at Amstirdam Coffee & Roastery Malang City are mostly included in the high category. Promotion through Instagram social media has a positive and significant influence on purchasing decisions at Amstirdam Coffee & Roastery.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Social Media, Instagram and Purchase Decision
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:18
Last Modified: 12 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208761
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Van Zidane.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item