Salma, Fairuz Atikah and Prof. Drs. Achmad Fauzi Dh., MA (2023) Pengaruh Social Media Marketing (Pemasaran Media Sosial) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi McDonald’s (Survei Pengguna Aplikasi McDonald’s pada Mahasiswa Aktif S1 Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2019/2020; 2020/2021; dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Social Media Marketing/Pemasaran Media Sosial adalah proses menarik pengguna internet ke situs web tertentu atau menarik perhatian publik melalui situs media sosial. Salah satu Social Media Marketing yang dimiliki McDonald’s yaitu Aplikasi McDonald’s. Aplikasi McDonald's mencakup informasi tentang lokasi restoran McDonald's, menu, kupon dan diskon, serta fakta nutrisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Content Creation/Pembuatan Konten, Content Sharing/Berbagi Konten, Connecting/Koneksi, Community Building/Pembangunan Komunitas baik secara simultan maupun parsial terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian menggunakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online kepada 116 orang responden yang merupakan pengguna Aplikasi McDonald’s. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda, serta diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content Creation/Pembuatan Konten, Content Sharing/Berbagi Konten, Connecting/Koneksi, Community Building/Pembangunan Komunitas masingmasing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian.
English Abstract
Social Media Marketing is the process of attracting internet users to a particular website or attracting public attention through social media sites. One of the Social Media Marketing owned by McDonald's is McDonald's Application. The McDonald's Application includes information about McDonald's restaurant locations, menus, coupons and discounts, and nutrition facts. The purpose of this study was to determine and explain the effect Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building both simultaneously and partially on Purchase Decision. This research was conducted using explanatory research with a quantitative approach. The data collection method used a questionnaire which was distributed online to 116 responden who were McDonald’s Application user. The sampling technique in this study used a purposive sampling method and the data analysis used was descriptive analysis, classic assumption test, and multiple linear regression analysis, and using SPSS version 25. The result of this study shows that Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building each of them has positive and significant simultaneously and partially on Purchase Decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030564 |
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing/Pemasaran Media Sosial, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:50 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 06:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208736 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fairuz Atikah Salma.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |