Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Pakan Komersial Terhadap Konsumsi Pakan, Persentase Karkas Dan Konversi Pakan Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica)

Ayyash, Muhammad Ghozi Yahya and Dr. Ir. Edhy Sudjarwo, MS (2023) Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Pakan Komersial Terhadap Konsumsi Pakan, Persentase Karkas Dan Konversi Pakan Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Burung puyuh (Coturnix coturnix japonica) merupakan salah satu ternak unggas yang popular dan memiliki potensi di sektor peternakan di Indonesia. Burung puyuh mampu tumbuh dan bereproduksi dengan sangat cepat, burung puyuh dapat berproduksi dalam waktu sekitar 42 hari dan dapat menghasilkan telur antara 250-300 telur/tahun. Produktivitas burung puyuh akan optimal apabila manajemen pemeliharaan burung puyuh yang diterapkan di lapangan berjalan dengan baik. Pakan yang berkualitas menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha peternakan dan menjadi pengeluaran terbesar dalam beternak puyuh yaitu sebesar 50-70% dari total biaya usaha peternakan puyuh. Peternak umumnya menggunakan pakan komersial karena mudah didapat, kandungan nutrisi lengkap dan kualitasnya terjamin. Peternak rakyat umumnya menggunakan pakan berdasarkan ketersediaan di toko tanpa melihat kandungan nutrisi. Burung puyuh kemungkinan memiliki respon yang berbeda terhadap pemberian pakan komersial yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan selama 8 minggu mulai tanggal 19 Desember 2022-15 Februari 2023 di peternakan burung puyuh milik Bapak Samsul Jl. Taman Nudiharjo RT. 18 Rw. 06 Dusun Bunder, Desa Ampeldento, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian berbagai merek pakan komersial terhadap konsumsi pakan, persentase karkas dan konversi pakan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengaruh pemberian berbagai merek pakan komersial terhadap konsumsi pakan, persentase karkas dan konversi pakan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 120 ekor burung puyuh betina Coturnix coturnix japonica dengan jenis bangkok berumur 7 hari yang didatangkan dari pembibitan Bapak Yono Jl. Candiran RT. 02 RW 03 Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, kabupaten malang. Kandang yang digunakan selama penelitian adalah kandang koloni berbentuk kotak dengan ukuran 50 x 50 x 15 cm. Kandang yang digunakan terdapat 3 buah, setiap kandang memiliki 8 petak sehingga terdapat 24 unit percobaan dengan isi masing-masing 5 ekor burung puyuh setiap unit percobaan. Setiap unit dilengkapi dengan tempat pakan, tempat minum, lampu, sedangkan kandang dilengkapi dengan thermometer, hygrometer dan tirai plastik untuk masa brooding. Pakan yang digunakan adalah empat merek pakan puyuh petelur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan lapang yang dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ualangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah perberian berbagai macam merek pakan komersial yang terdiri dari (merek 1, merek 2, merek 3, merek 4). Data yang diperoleh ditabulasi dan dihitung rataan dan standar deviasi selanjutnya data dianalisis dengan analisis of varians (ANOVA). Perlakuan yang berbeda nyata, selanjutnya dilakukan uji Duncan’s untuk melihat perbedaan antar perlakuan perbedaan merek pakan, jika berpengaruh nyata (P ≤ 0,05) atau sangat nyata (P ≤ 0,01). Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa pemberian berbagai macam merek pakan komersial memberikan perbedaan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, persentase karkas dan konversi pakan. Rataan konsumsi pakan, persentase karkas dan konversi pakan berturut-turut yaitu 1269,95-1292,62 g/ekor, 67,61-70,11% dan 6,07-6,59. Pemberian pakan komersial yang berbeda tidak berbeda dalam konsumsi pakan, persentase karkas dan konversi pakan pada burung puyuh. Pakan merek 3 menunjukan hasil terbaik pada persentase karkas dan konversi pakan. Berdasarkan hasil penelitian perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh pemberian berbagai macam pakan komersial menggunakan pakan merek yang lain terhadap konsumsi pakan, persentase karkas dan konversi pakan.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of using different types of commercial feed brand on feed consumption, carcass percentage and feed conversion. The material in this study used 120 quails, the method used was a field trial with a Completely Randomized Design (CRD) with 4 treatments and 6 replications, there were 5 quails in each experimental unit and the treatment was T1 (brand 1), T2 (brand 2), T3 (brand 3) and T4 (brand 4). Results were analyzed using Analysis of Variance (ANOVA) and continued with Ducan's Multiple Range Test (DMRT). In conclusion, the provision of different commercial feeds does not effect feed consumption, carcass percentage and feed conversion of quail. The nutritional content of commercial feeds did not differ significantly, so neither increased nor decreased feed consumption, carcass percentage and feed conversion. Feed brand 3 showed the best results in carcass percentage and feed conversion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: quail, commercial feed, consumption, carcass, conversion.
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:35
Last Modified: 12 Jan 2024 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208719
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ghozi Yahya Ayyash.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item