Khakim, Luxman Nul and Dr. Ns. Kumboyono,, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Kep.Kom and Dr. Ns. Heri Kristianto,, S.Kep.,M.Kep,.Sp.Kep.MB (2023) Hubungan Penerapan Triase Patient Acuity Category Scale (PACS) Dengan Respons Time Dan Kepuasan Pasien Di Igd Rumah Sakit Umum Daerah Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penilaian pasien IGD atau lebih dikenal dengan triase merupakan metode menyeleksi klien berdasarkan kategori kegawatdaruratan untuk memberikan prioritas pelayanan kepada klien. Salah satu model triase yang dapat digunakan di IGD adalah Patient Acuity Categoriy Scale (PACS). Pemilihan model triase yang digunakan, akan menentukan kecepatan penanganan atau respons time yang baik. Penerapan respons time perawat harus menjadi prioritas dan ditingkatkan dalam penanganan pasien gawat darurat, agar tercapai mutu pelayanan yang baik dan professional sehingga akan meningkatkan kepuasaan pasien dan keluarga penerima pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan penerapan triase patient acuity category scale (PACS) dengan respons time dan kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Jombang. Desain penelitian ini mengunakan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan di IGD Rumah Sakit Umum daerah Jombang pada bulan September sampai Oktober 2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Jombang sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan menggunakan instrument lembar observasi dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa secara univariat dalambentuk distribusi frekuensi dan prosentase, analisa bivariat dengan uji koefisien kontingensi, analisa multivariat dengan uji path path (path analysis) dengan Software Smart Partial Least Square (SmartPLS) versi 3.0 Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil analisa bivariat menggunakan uji koefisien kontingensi yang menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.451 dengan nilai p< 0.001 (p<0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara penerapan triase patient acuity category scale (PACS) dengan kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Jombang. Hasil analisa multivariate dengan menggunakan Uji path (path analysis) dengan Software Smart Partial Least Square (SmartPLS) versi 3.0, di peroleh hasil pengujian bahwa terdapat pengaruh langsung (direct effect) yang signifikan secara positif antara penerapan PACS terhadap respon time sebesar 0.490. Pengaruh positif antara penerapan PACS terhadap respon time dapat diartikan bahwa adanya penerapan PACS, maka hal itu akan meningkatkan respons time, demikian sebaliknya. Sehingga dapat diketahui untuk nilai R-square dari respon time mencapai 0.240, yang dapat diartikan bahwa respons time dipengaruhi oleh Penerapan PACS sebesar 24.0. Sedangkan 76.0 lainnya dipengaruhi dipengaruhi oleh faktor yang lain. Dengan demikian Patient Acuity Category Scale PACS sebagai salah satu solusi respons time dan kepuasan pasien
English Abstract
Evaluation ED patient or more known with triage is a method of selecting clients based on emergency categories to provide priority services to clients. One of the triage models that can be used in the IGD Patient Acuity Category Scale (PACS). The selection of the triage model used will determine the speed of handling or a good response time . The application of nurse response time must be a priority and improved in the handling of emergency patients, in order to achieve good and professional service quality so as to increase patient and family satisfaction of service recipients. The purpose of this study was to determine the relationship between the application of the triage patient acuity category scale (PACS) with response time and patient satisfaction in the Jombang Regional General Hospital Emergency Room . The research design used a Cross Sectional Study . The research was conducted in the emergency room at the Jombang Regional General Hospital from September to October 2022. The sample used in this study were all patients who visited the Jombang Regional General Hospital Emergency Room with 96 respondents. Sampling technique with accidental sampling method . Data collection uses primary data using observation sheets and questionnaires that have been tested for validity and reliability. The collected data was processed and analyzed univariately in the form of frequency and percentage distributions, bivariate analysis using contingency coefficient tests, multivariate analysis using path analysis tests using Smart Partial Least Square (Smart PLS) Software version 3.0. The results of the study stated that the results of bivariate analysis using the contingency coefficient test showed a correlation coefficient value of 0.451 with a p value < 0.00 1 (p<0.05), so it can be concluded that there is a significant relationship between the application of the triage patient acuity category scale (PACS) with patient satisfaction in the emergency room at Jombang Regional General Hospital. The results of multivariate analysis using the path analysis ( path analysis ) with the Smart Partial Least Square (Smart PLS) Software version 3.0, the test results show that there is a direct effect that is significant and positive between the application of PACS to the response time of 0.490 . The positive effect of the application of PACS on the response time can be interpreted that the application of PACS will increase the response time , and vice versa. So it can be seen that the R-square value of the response time reaches 0.240, which means that the response time is s influenced by the application of PACS by 24.0 %. While the other 76.0% is influenced by other factors. Thus the Patient Acuity Category Scale PACS as a response time solution and patient satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052316 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien,Respons Time,Triase PACS | Triage PACS , Response Time , Satisfaction Patient |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Nur Subchan |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 01:06 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 01:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208667 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
luxman Nul Khakim.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |