Pandangan Etnis Tionghoa Terhadap Simbol Keberuntungan Dalam Menjalankan Bisnis di Pecinan Kota Malang, Jawa Timur.

Faiz, Hilyatus Saadah and Nurila Shanti Octavia, S.S., MTCSOL. (2023) Pandangan Etnis Tionghoa Terhadap Simbol Keberuntungan Dalam Menjalankan Bisnis di Pecinan Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa peradaban Tiongkok simbol keberuntungan sudah dikenal dan dipercaya oleh Etnis Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan dalam berbisnis. Namun, penggunaan simbol keberuntungan mulai berkurang seiring berkembangnya zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis simbol keberuntungan yang digunakan, pengaruh yang dirasakan dan pandangan Etnis Tionghoa terhadap simbol keberuntungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat 13 responden menggunakan simbol keberuntungan, 7 responden tidak menggunakan. Jenis simbol keberuntungan yang digunakan adalah kucing hoki, ikan koki, kura-kura dan fu. Pengaruh yang dirasakan tergantung dengan tingkat kepercayaan terhadap simbol keberuntungan. Pandangan etnis Tionghoa terhadap simbol keberuntungan selain sebagai pembawa keberkahan juga dapat dijadikan sebagai hiasan.

Other obstract

在中华文明时期,华人知道并相信幸运符号经商带来好运。然而,随着时间的推移,幸运符号的使用开始减少。研究的目的是确定所使用的幸运符号的类型,被感知影响和华人幸运符号的感知。研究采用定性描述性研究方法。调查结果有13受访者使用幸运符号,7受访者没有用幸运符号。幸运符号类型的使用招财猫,金鱼,龟,福。感知影响取决于对幸运符号的信仰水平。华人幸运符号的感知,除了带来好运也可以用装饰

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: bisnis, etnis Tionghoa, simbol keberuntungan
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:45
Last Modified: 11 Jan 2024 08:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208652
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HILYATUS SAADAH FAIZ.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item