Strategi Pengembangan Aktivitas Branding Produk Kopi Koetjoer di Kelompok Tani Republik Tani Mandiri dengan Pendekatan Business Model Canvas.

Emanuel, Natan and Prof. Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS and Neza Fadia Rayesa,, S.TP., M.Sc (2023) Strategi Pengembangan Aktivitas Branding Produk Kopi Koetjoer di Kelompok Tani Republik Tani Mandiri dengan Pendekatan Business Model Canvas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha di bidang kopi memiliki potensi yang besar di Indonesia. Tingkat konsumsi kopi nasional pada tahun 2016-2020 terus meningkat yaitu pada tahun 2016 tingkat konsumsinya sebesar 279.000 ton sementara pada tahun 2020 tingkat konsumsi nasional mencapai 300.000. Malang menjadi salah satu sentra produksi kopi nasional, lahan perkebunan kopi di Malang memiliki luas 17.601 hektar dan salah satu wilayah di Malang yaitu Dampit memproduksi biji kopi sebanyak 2.387 ton. Peluang ini dimanfaatkan oleh Kelompok tani RTM sehingga kelompok tani yang didirikan pada tahun 2019 ini mendirikan sebuah brand yang disebut Kopi Koetjoer. Walaupun memiliki potensi pasar yang besar, persaingan pada bisnis kopi sangat semakin ketat sehingga RTM perlu menerapkan strategi bisnis agar bisa bertahan pada persaingan pasar. Salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh kelompok tani RTM adalah strategi branding agar brand Kopi Koetjoer semakin terkenal oleh masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengidentifikasi segmen pasar utama yang dituju oleh kelompok tani Republik Tani Mandiri. 2) Menganalisis model bisnis yang diterapkan oleh kelompok tani Republik Tani Mandiri, dan 3) Merumuskan strategi prioritas branding yang dapat dilakukan oleh kelompok tani Republik Tani Mandiri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2023 – Maret 2023. Penentuan sample ditentukan secara purposive sampling dengan memilih 4 responden yaitu ketua kelompok tani RTM, bendahara kelompok tani RTM, barista Kase Coffee House Malang, dan pemilik Kase Coffee House Malang. Metode analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan Analytical Hierarcy Process (AHP) yang menggunakan software expert choice 11 Segmen konsumen yang dituju RTM yaitu konsumen domestik, berusia 30 tahun keatas, serta penikmat kopi. RTM telah menerapkan kegiatan bisnis berdasarkan 9 elemen Business Model Canvas (BMC) walaupun belum membuat model bisnis yang terstruktur. Berdasarkan analisis situasi pada RTM dirumuskan 3 strategi prioritas branding Kopi Koetjoer dimana optimalisasi media sosial menjadi strategi paling prioritas dengan nilai Eigen sebesar 0,504 diikuti dengan strategi peningkatan kerjasama dengan warung/toko sebesar 0,298 dan perbaikan desain kemasan dengan nilai 0,198. Penelitian ini memberikan saran kepada RTM untuk memilih anggota tetap yang fokus pada pengembangan media sosial serta dapat membuat struktur model bisnis dan dievaluasi secara berkala.

English Abstract

Coffee business opportunity have a huge potential in Indonesia. Consumption level of national coffee always increasing from 2016-2020, in 2016 national consumption level reach 279.000 ton meanwhile in 2020, national consumption level reach 300.000 ton. Malang become one of the national coffee production center. Coffee cultivation area at Malang reach 17.601 ha and one of Malang area which is Dampit produce 2.387 ton amount coffee seed. Republik Tani Mandiri Farmer Group which established in 2019 try to grab this opportunity by establishing new coffee brand Kopi Koetjoer. Even though coffee have a huge market potential, the coffee market competition is very though so RTM need to apply business strategy that can make the business sustain in market competition. One of the business strategies that can be applied is branding strategy to increase society awareness of Kopi Koetjoer brand. The goals of this research were 1) identified main market segment of RTM, 2) analyzed business model that applied at RTM Farmers Group, and 3) formulated branding strategy priority that can be use by RTM Farmer Group. This research has been conducted on January 2023-March 2023. The sample determination technique used purposive sampling by choosing 4 respondent which were RTM Farmer Group leader, RTM Farmer Group treasurer, barista at Kase Coffee Malang, and owner of Kase Coffee Malang. Analytical methods that have been used in this research were business model canvas (BMC) and analytical hierarchy process (AHP) with expert choice 11 software. The result of this research found out the customer segment that RTM targeted which were national customer, age above 30, and also hobby in consuming coffee and have good knowledge about coffee. RTM have applied their business activity based on 9 BMC element even though they didn’t build their own structural business model. According to situation analysis of RTM can be formulated 3 branding strategy priority which were media social optimization as the first priority with eigen score 0,504 followed by partnership with the other store with eigen score 0,298 and develop packaging design with eigen score 0,198. This research give suggestion to RTM so that they can chose one of their members to focus on social media development and create business model structure and evaluate it daily.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:17
Last Modified: 11 Jan 2024 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208627
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natan Emanuel.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item