Kajian Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan pada UMKM Makanan dan Minuman Sehat di Kota Malang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening.

Tasyalingga Tiffany Kitu, Naomy and Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si. and Heptari Elita Dewi,, SP., MP. (2023) Kajian Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan pada UMKM Makanan dan Minuman Sehat di Kota Malang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat persaingan yang kompetitif pada industri makanan dan minuman sehat di Kota Malang membuat DE mengalami penurunan penjualan pada tahun 2022. Penurunan penjualan ini menjadi masalah serius bagi perusahaan. Persaingan bisnis yang ketat ini menuntut DE untuk memperbaiki strategi pemasarannya, salah satunya dengan memperhatikan penerapan bauran pemasaran 4P dalam menciptakan konsumen yang loyal pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung bauran pemasaran 4P (produk, harga, distribusi, promosi) terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh tidak langsung bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan DE. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan DE yang rutin membeli dan telah melakukan pembelian minimal 2 kali secara online. Sampel diambil dengan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan responden sebanyak 56 pelanggan DE. Analisis data dilakukan dengan SEM-PLS menggunakan software Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran 4P yang berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan yaitu produk dan distribusi. Bauran pemasaran 4P yang berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan yaitu harga dan promosi. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan DE. Kepuasan pelanggan berhasil memediasi hubungan antara variabel produk terhadap loyalitas pelanggan namun tidak berhasil memediasi hubungan antara variabel harga, distribusi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Melalui hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar DE dapat meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan kepada pelanggan dan menyesuaikan porsi produk yang dijual sesuai dengan harga dan kualitas yang ditawarkan kepada pelanggan DE. DE dapat mempertahankan harga yang sebanding dengan kualitas produknya ketika hendak berinovasi membuat produk baru. DE dapat meningkatkan strategi pemberian potongan harga guna meningkatkan loyalitas pelanggan melalui harga, seperti pemberian promo membeli produk X Gratis Y, free ongkir dengan minimal order tertentu, dan promo membership. Saran terakhir, diharapkan kedepannya DE dapat membuka toko secara fisik. Bagi peneliti berikutnya yang memiliki topik yang sama dengan penelitian ini diharapkan dapat menambahkan variabel baru yang relevan dengan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan pada penelitian mendatang dengan meningkatkan jumlah responden penelitian sehingga dapat meningkatkan keakuratan hasil penelitian dalam mengkaji loyalitas pelanggan DE.

English Abstract

The tight competition in the healthy food and beverage industry in Malang City has resulted in DE experiencing a tends to fluctuate sale where it could quickly rise, but also can quickly go down in 2022. This fluctuate sale that tend to decline is a serious problem for the company. Seeing many competitors operating in the same market with DE, requires DE to improve their marketing strategy by paying attention to the implementation of the 4P marketing mix in creating loyal customers to the company so that DE can compete with other healthy food brands. This study aims to analyze the direct effect of the 4Ps marketing mix (product, price, distribution, promotion) on customer loyalty, the indirect effect of the 4Ps marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction, and the effect of satisfaction on DE customer loyalty. The research sample used in this research is DE customers who regularly buy and have made at least 2 online purchases. Samples are taken by technique nonprobability sampling that is purposive sampling with respondents as many as 56 DE customers. Data analysis was performed by SEM-PLS using SmartPLS 4.0 software. The research results show that the 4P marketing mix that significant directly influences DE customer satisfaction is product and distribution. The 4P marketing mix that significant directly influences DE customer loyalty is price and promotion. DE customer satisfaction positive and significant influence customer loyalty. Customer satisfaction has succeeded in mediating the relationship between product variables and customer loyalty. However, it failed to mediate the relationship between price, distribution, and promotion variables on customer loyalty. Through the results of this study, the authors suggest that DE can improve the quality of products offered to customers and adjust the portion of products sold according to the price and quality offered to DE customers. DE can maintain a price commensurate with the quality of its products when it wants to innovate to make new products. DE can improve the strategy of giving price discounts to increase customer loyalty through price, such as giving promos to buy X Free Y products, free shipping with a certain minimum order, and membership. The last suggestion, it is hoped that in the future DE can open a physical store. For the next researcher that has the same topic as this research can also add new variables that are relevant to customer loyalty. The results of this study can be developed in future research by increasing the number of research respondents so as to increase the accuracy of research results in assessing DE customer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:04
Last Modified: 11 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208595
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Naomy Tasyalingga Tiffany Kitu.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item