Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang.

Nathasia, Hana and Machrus Abadi, M.Pd (2023) Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru kelas X dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka SMK Negeri 11 Malang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian terdiri dari tiga bagian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian atau evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam tahap perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka, guru diharuskan membuat sendiri Modul Ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pada pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, untuk mempersiapkan peserta didik, guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru menyampaikan materi dengan strategi pembelajaranyang telah direncanakan. Strategi tersebut mencangkup pemilihan model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Hal yang dilakukan oleh guru di kegiatan penutup adalah memberikan penugasan dan kesimpulan. Penilaian atau evaluasi dengan Kurikulum Merdeka terbagi menjadi dua jenis asesmen, yaitu formatif dan sumatif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap setiap tahapan strategi pengimplementasian Kurikulum Merdeka oleh guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 11 dapat disimpulkan sudah berjalan baik dan sesuai dengan buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen 2021 terbitan Kemendikbud Ristek.

English Abstract

This study aims to find out how the strategy of grade X teachers in implementing the Independent Curriculum of SMK Negeri 11 Malang in Indonesian subjects. This type of research is descriptive qualitative. The data collection of this study used three techniques, namely interviews, observations, and questionnaires. The results of the study consist of three parts, namely planning, implementation, and assessment or evaluation. Based on the results of research in the planning stage of \he Independent Curriculum Implementation, teachers are required to create their own Teaching Modules that will be used in learning. The implementation of the Independent Curriculum is divided into several stages, namely introduction, core, and closing. In the preliminary activity, to prepare students, the teacher conducts apperception and conveys learning objectives. In the core activities, the teacher delivers material with planned learning strategies. The strategy includes the selection of models, approaches, methods, and learning techniques. What the teacher does in the closing activity is to give assignments and conclusions. Assessment or evaluation with the Independent Curriculum is divided into two types of assessment, namely formative and summative. Based on the results of research on each stage of the strategy for implementing the Independent Curriculum by Indonesian teachers at SMK Negeri 11, it can be concluded that it has gone well and is in accordance with the 2021 Learning and Assessment Guidebook published by the Ministry of Education and Culture of Research and Technology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Strategi Implementasi Kurikulum, Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:00
Last Modified: 11 Jan 2024 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208587
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hana Nathasia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item