Relayout Area Parkir Stasiun Manggarai untuk Meningkatkan Kapasitas Parkir Sepeda Motor dengan Pendekatan Systematic Layout Planning

Pramesinta, Anggita Herdwika and Ir. Ihwan Hamdala, ST., MT., IPM. (2023) Relayout Area Parkir Stasiun Manggarai untuk Meningkatkan Kapasitas Parkir Sepeda Motor dengan Pendekatan Systematic Layout Planning. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan di suatu kegiatan operasional jasa memiliki banyak bentuk macamnya, salah satunya meliputi kesediaan fasilitas di stasiun kereta api (KA). Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 57 ayat (1) menegaskan bahwa stasiun kereta api dapat menyediakan jasa pelayanan khusus sebagaimana yang dimaksud ayat (1) salah satunya berupa parkir kendaraan. PT. KAI Commuter merupakan moda transportasi populer di Jabodetabek dengan lebih dari 90 stasiun yang berencana menjadikan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia yang bertempatan di Jakarta. Namun kondisi saat ini yang terlihat pihak perusahaan baru hanya menyediakan satu area parkir Stasiun Manggarai, yaitu area parkir Hall Utama yang berada di samping pinggir masuk stasiun dan di pinggir jalan raya. Kondisi kepadatan kendaraan sepeda motor yang terus dijumpai di Stasiun Manggarai dikarenakan kurangnya kapasitas parkir sepeda motor yang dapat ditampung oleh area tempat parkir tersebut sehingga lingkungan area parkir saat ini bisa dikatakan kurang strategis dan ergonomis. Tujuan penelitian ini adalah memodelkan kapasitas, perancangan alternatif layout parkir dan membandingkan layout parkir saat ini dengan layout usulan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, perancangan ini dapat meminimalisir dampak berupa rasa ketidaknyamanan yang dialami oleh konsumen maupun perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara. Studi kepustakaan dilakukan dengan pengumpulan data dan informasi yang relevan dengan masalah tersebut. Adapun metode yang diterapkan setelah studi lapangan dan kepustakaan dilakukan yaitu melakukan perhitungan akumulasi, volume dan indeks parkir. Setelah itu, dilakukan juga analisis beberapa aspek mulai dari aliran proses parkir hingga kebutuhan luas area untuk melengkapi informasi dalam tahap perancangan layout parkir sepeda motor dengan metode Systematic Layout Planning (SLP). Hasil rancangan perbaikan layout dengan SLP ini menghasilkan dua alternatif dengan jumlah 8 rancangan area parkir. Setiap rancangan memiliki model, jumlah kapasitas dan nilai indeks parkir yang berbeda-beda. Hasil usulan rancangan terbaik ditunjukkan pada rancangan keenam dengan modifikasi model rancangan menjadi area parkir sepeda motor bertingkat. Kapasitas usulan rancangan keenam ini sebanyak 244 petak sepeda motor dengan nilai indeks parkir 0.984 dengan arti kebutuhan parkir di bawah daya tampung/jumlah petak parkir sehingga sepeda motor terparkir dengan baik dan benar. Usulan rancangan terbaik ini memiliki kenaikan kapasitas sebesar 94% dari kapasitas saat ini.

English Abstract

The provision of services in an operational service activity can take various forms, one of which includes the availability of facilities at a railway station. The Republic of Indonesia Law Number 23 of 2007 on Railways, Article 57 paragraph (1), emphasizes that railway stations can provide special services as mentioned in paragraph (1), one of which is vehicle parking. PT. KAI Commuter is a popular transportation mode in the Jabodetabek area with over 90 stations, and it plans to make Manggarai Station the first central station in Indonesia, located in Jakarta. However, the current condition shows that the company only provides one parking area at Manggarai Station, which is the Main Hall parking area located beside the station entrance and along the main road. The continuous density of motorcycles found at Manggarai Station is due to the insufficient motorcycle parking capacity provided by the current parking area, making the parking area environment less strategic and ergonomic. The aim of this study is to model the capacity, design alternative parking layouts, and compare the current layout with the proposed layout to meet consumer needs. Therefore, this design can minimize the impact of discomfort experienced by both consumers and the company. This study utilizes field studies and literature reviews as research methods. The field study includes observation, documentation, and interviews, while the literature review involves collecting relevant data and information related to the problem. The applied method after conducting field and literature studies is to calculate accumulation, volume, and parking index. Furthermore, analysis is conducted on several aspects, ranging from parking process flow to the area requirements, to complement the information in the motorcycle parking layout design phase using the Systematic Layout Planning (SLP) method. The results of the improved layout design using SLP generate two alternatives with a total of 8 parking area designs. Each design has different models, capacity, and parking index values. The best proposed design is shown in the sixth design, which modifies the design model into a multi-level motorcycle parking area. This proposed design has a capacity of 244 motorcycle slots with a parking index value of 0.984, indicating that the parking demand is below the parking capacity, allowing motorcycles to be parked properly. This best proposed design has an increased capacity of 94% compared to the current capacity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Area Parkir Stasiun Manggarai, Kapasitas Parkir Sepeda Motor, Perancangan Alternatif Layout Parkir, Parkir Sepeda Motor Bertingkat, Systematic Layout Planning (SLP)
Subjects: 300 Social sciences > 385 Railroad transportation > 385.3 Facilities and vehicles > 385.31 Stationary facilities > 385.314 Terminals and stations
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:25
Last Modified: 11 Jan 2024 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208487
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggita Herdwika.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item