Sekar Anindya, Alya and Alies Poetri Lintangsari,, S.S., M.Li., and Dian Inayati,, S.Pd., M.Ed., (2022) “Pak, saya izin offcam”: Students’ Views on L1 Use during English Learning. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
ABSTRAK Anindya, A. S. 2022. “Pak, saya izin offcam”: Pandangan Siswa Terhadap Penggunaan Bahasa Ibu Selama Pembelajaran Bahasa Inggris. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Supervisor: Dian Inayati, S.Pd., M.Ed. Kata Kunci: Bahasa ibu, pembelajaran Bahasa Inggris, pandangan siswa Banyak orang percaya bahwa penggunaan Bahasa ibu di dalam kelas Bahasa Inggris adalah salah satu alasan mengapa performa Bahasa asing siswa menurun, namun banyak juga orang yang percaya bahwa penggunaan Bahasa ibu membantu para siswa dalam pembelajaran Bahasa asingnya. Meskipun begitu, penggunaan Bahasa ibu dalam kelar Bahasa Inggris tetap dianggap tabu dalam masyarakat. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pandangan siswa terhadap penggunaan Bahasa ibu di kelas Bahasa asing. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Observasi dan wawancara dilakukan sebagai proses pengumpulan data dengan tiga siswa yang terpilih sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden memberikan pandangan positif terhadap penggunaan bahasa ibu di kelas bahasa Inggris. Dampak dari bahasa ibu itu sendiri adalah memberikan pemahaman yang lebih baik dan juga lebih menarik bagi mereka terhadap materi pembelajaran bahasa Inggris yang berdampak pada penguasaan bahasa inggris siswa yang lebih baik. Meskipun memiliki beberapa keuntungan, para responden setuju bila guru Bahasa Inggris mereka membatasi penggunaan bahasa ibu di dalam kelas Bahasa Inggris.
English Abstract
ABSTRACT Anindya, A. S. 2022. “Pak, saya izin offcam”: Students’ Views on L1 Use during English Learning. English Language Education Progam, Faculty of Cultural Studies, Universitas Brawijaya. Supervisor: Dian Inayati, S.Pd., M.Ed. Keywords: first language, English Learning, students’ view Many people believed that L1 use inside EFL classes is one of the reasons why students’ performance in their L2 (foreign language) is decreasing while the others believe that the use of L1 helps the students because it helps them in their access to L2 learning. However, L1 use inside English learning is still considered taboo in society. Thus, this research is conducted to reveal the students’ view on the use of their L1 during their L2 learning. This study is a qualitative study. Observations and interviews were held to collect the data with three selected students as the respondents. The result of the study showed that the respondents give positive attitudes toward the use of L1 during English learning. The effect of L1 is give them a better understanding and engage them to the EFL materials that leads them to improve their English. In spite of having some benefits, the respondents agree for the English teachers to confine their L1 use inside English classes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username saputro |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:19 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208469 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alya Sekar Anindya.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |