Iswandy,, Alma and Iswahyuni,, S.Pd., M.Pd. and Widya Caterina Perdhani,, S.Pd., M.Pd., (2022) Teori Kesantunan Guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
ABSTRAK Iswandy, Alma. 2022. “Teori Kesantunan Guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah”. Program Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing: Iswahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Tindak Tutur Direktif, Teori Kesantunan Sebagai seorang pemimpin di ruang kelas, guru diharapkan untuk mampu mengatur jalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan baik dan teratur. Pada proses KBM, guru tidak lepas dari kesantunan dalam menyampaikan tindak tutur direktif. Hal tersebut menjadi elemen penting untuk guru supaya materi yang diberikan dapat terserap dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hal itu, analisis terhadap tindak tutur direktif dan kesantunan guru dilakukan untuk mengetahui strategi kesantunan yang digunakan oleh guru serta faktor-faktor dibalik pemilihan strategi tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis percakapan beresensi direktif secara lisan dan tertulis guru. Analisis ini berdasarkan teori strategi kesantunan Brown and Levinson (1987). Data dikumpulkan dengan mengklasifikasi seluruh kalimat tertulis dan lisan berdasarkan tindak tutur direktif, yang disampaikan oleh guru Bahasa Inggris kepada siswa SMAN 1 Lawang ketika KBM jarak jauh berlangsung. Setelah itu, tindak tutur direktif akan dianalisa berdasarkan teori kesantunan dan mengkategorikan faktor-faktor pemilihan teori tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49 ujaran tertulis dan lisan termasuk dalam kategori tindak tutur positif dan negatif, yaitu 26 ucapan tindak tutur positif dan 23 ucapan tindak tutur negatif. Sedangkan faktor-faktor yang ditemukan adalah berdasarkan timbal balik dan keadaan yang relevan.
English Abstract
ABSTRAK Iswandy, Alma. 2022. “Teori Kesantunan Guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah”. Program Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing: Iswahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Tindak Tutur Direktif, Teori Kesantunan Sebagai seorang pemimpin di ruang kelas, guru diharapkan untuk mampu mengatur jalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan baik dan teratur. Pada proses KBM, guru tidak lepas dari kesantunan dalam menyampaikan tindak tutur direktif. Hal tersebut menjadi elemen penting untuk guru supaya materi yang diberikan dapat terserap dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hal itu, analisis terhadap tindak tutur direktif dan kesantunan guru dilakukan untuk mengetahui strategi kesantunan yang digunakan oleh guru serta faktor-faktor dibalik pemilihan strategi tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis percakapan beresensi direktif secara lisan dan tertulis guru. Analisis ini berdasarkan teori strategi kesantunan Brown and Levinson (1987). Data dikumpulkan dengan mengklasifikasi seluruh kalimat tertulis dan lisan berdasarkan tindak tutur direktif, yang disampaikan oleh guru Bahasa Inggris kepada siswa SMAN 1 Lawang ketika KBM jarak jauh berlangsung. Setelah itu, tindak tutur direktif akan dianalisa berdasarkan teori kesantunan dan mengkategorikan faktor-faktor pemilihan teori tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49 ujaran tertulis dan lisan termasuk dalam kategori tindak tutur positif dan negatif, yaitu 26 ucapan tindak tutur positif dan 23 ucapan tindak tutur negatif. Sedangkan faktor-faktor yang ditemukan adalah berdasarkan timbal balik dan keadaan yang relevan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Tindak Tutur Direktif, Teori Kesantunan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username saputro |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:09 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208433 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALMA AULIA ISWANDY.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |