Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 12-36 Bulan Di Posyandu Wilayah Madyopuro Kota Malang.

Puteri, Alliya Avisa Insani and Dr.Ns. Dina Dewi SLI,, S.Kep, M.Kep. and Ns. Sholihatul Amaliya,, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.An (2022) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 12-36 Bulan Di Posyandu Wilayah Madyopuro Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak merupakan generasi penerus sebuah bangsa yang harus mendapatkan perhatian khusus demi terciptanya generasi yang berkualitas dimana akan menentukan masa depan sebuah bangsa. Prevalensi balita yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan masih cukup tinggi. Rendahnya keterlibatan orang tua dalam proses perkembangan menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pada proses perkembangan. Dalam menunjang kemampuan berbicara anak dibutuhkan pola asuh yang baik agar anak mencapai perkembangan secara optimal pada usianya. Sehingga dibutuhkan pemantauan dan perhatian khusus dalam menunjang proses perkembangan berbicara pada anak. Tujuan penelitian guna mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 12-36 bulan. Desain penelitian observasional yaitu cross sectional. Teknik sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling terdiri dari 76 responden di posyandu wilayah Madyopuro, Malang. Pola asuh orang tua diukur dengan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire- Short Version (PDSQ) dan kemampuan berbicara diukur menggunakan Denver Development Screening Test II (DDST II) dengan uji analisa korelasi koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis (80,9%) dan sebagian anak menunjukkan memiliki kemampuan berbicara dengan normal. Uji Korelasi koefisien kontingensi Nilai Approximate Significance (P-Value) 0.000, dan kekuatan korelasi sebesar 0.661 yaitu ada hubungan kuat antara pola asuh orang tua dengan kemampuan berbicara anak. Saran: peran orang tua dalam penerapan pola asuh yang baik memungkinkan anak memiliki kemampuan berbicara normal seusianya, sehingga pengawasan dan pendampingan orang tua sangat diperlukan untuk meminimalisir adanya keterlambatan berbicara pada anak.

English Abstract

Children are the next generation of a nation that must receive special attention for the creation of a quality generation that will determine the future of a nation. The prevalence of toddlers experiencing growth and development disorders is still quite high. The low involvement of parents in the development process is one of the causes of disturbances in the development process. In supporting children's speaking skills, good parenting patterns are needed so that children achieve optimal development at their age. So it takes monitoring and special attention in supporting the process of speech development in children. The purpose of the study was to determine the relationship between parenting styles and speaking skills in children aged 12-36 months. The observational research design is cross-sectional. The sampling technique used non-probability sampling with a purposive sampling technique consisting of 76 respondents at the posyandu in Madyopuro, Malang. Parenting patterns were measured using the Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version (PDSQ) and speaking ability was measured using the Denver Development Screening Test II (DDST II) with a contingency coefficient correlation analysis test. The results showed that most parents applied democratic parenting (80.9%) and some children showed normal speaking abilities. Correlation test contingency coefficient Approximate Significance (P-Value) 0.000, and the strength of the correlation is 0.661, that is, there is a strong relationship between parenting patterns and children's speaking ability. Suggestion: the role of parents in the application of good parenting allows children to have the ability to speak normally at their age, so parental supervision and assistance are needed to minimize speech delays in children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052316
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kemampuan Berbicara Pada Anak, Anak Prasekolah-Parenting Styles, Speaking Ability in Children, Preschool Children.
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:06
Last Modified: 11 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208431
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alliya Avisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item