Analisis Semiotika Nilai Persahabatan pada Drama谢谢你让我遇见你 xièxie nǐ ràng wǒ yùjiàn nǐ.

Mahfudloh, Febriyanti Dwi and Diah Ayu Wulan, S.S., M.Pd (2023) Analisis Semiotika Nilai Persahabatan pada Drama谢谢你让我遇见你 xièxie nǐ ràng wǒ yùjiàn nǐ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Drama merupakan bentuk media massa yang banyak diminati dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat, banyak perubahan pada generasi remaja sekarang yang memiliki kebiasaan dan ciri khas pada masing-masing generasi. Banyaknya tema yang berkaitan dengan kehidupan sosial yang diangkat kedalam drama, salah satunya adalah persahabatan. Tujuan melakukan penelitian ini yaitu untuk mengamati, memahami, dan mendeskripsikan bagaimana gambaran nilai persahabatan dalam drama tersebut. Penelitian ini menggunakan teori semiotika dengan mengidentifikasi tanda-tanda kemudian mengaitkannya dengan empat makna persahabatan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi adegan-adegan dan dialog yang terkait dengan persahabatan. Analisis data dilakukan menggunakan metode Roland Barthes dengan pendekatan konotasi dan denotasi. Penelitian ini menunjukkan empat unsur persahabatan dalam drama 谢谢你让我遇见你 xièxie nǐ ràng wǒ yùjiàn nǐ yaitu keakraban dalam interaksi, dukungan yang diberikan oleh sahabat, kepercayaan dalam persahabatan dan penerimaan kekurangan dan kelebihan masing-masing sahabat. Empat unsur persahabatan tersebut didukung oleh model Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Hasil dari penelitian ini memperoleh 10 data dari empat unsur persahabatan berdasarkan semiotika Barthes yaitu 3 keakraban, 4 kepercayaan, 3 dukungan dan 1 penerimaan.

Other obstract

电视据是一种广受欢迎且影响着社会生活各个方面的大众传媒形式。当前青少年群体发生了重大变化,每个人都具有独特的习惯和特点。在电视据中描绘的众多主题之一是与社交生活相关的友谊。这项研究的目的是观察、理解和描述戏剧中友谊价值的描绘。这项研究运用符号学理论,通过识别符号 并将其与友谊的四种含义联系起来。研究方法采用了定性描述性的方式,通过记录与友谊相关的场景和对话来收集数据。数据分析采用了Barthes的方法,运用了内涵和外延的途径。这项研究显示了电视据《谢谢你让我遇见你》中友谊的四个元素:互动中的亲密、朋友提供的支持、对友谊的信任,以及彼此优缺点的接纳。这四个友谊元素得到了外延、内涵和神话的支持。本研究的结果根据 Bhartes 理 论将它们归类为四个友情符号学元素,研究结果得出了11个数据点、包括3个亲密元素、4个信任元素、3个支持元素和 1个接受元素。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: drama, semiotika, tanda
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:04
Last Modified: 11 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208423
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Febriyanti Dwi Mahfudloh.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item