Azimah, Ulfatul and Dr. Ir. Agustina Shinta Hartati Wahyuningtyas, MP and Dr. Fitria Dina Riana, S.P., M.P. (2023) Strategi Optimalisasi Brand Advocacy Pada Restoran Fast Food Lokal X Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Restoran cepat saji lokal menghadapi persaingan yang ketat dengan merek internasional yang sudah mapan. Selain itu, perubahan budaya dan preferensi konsumen yang dipengaruhi oleh globalisasi dan perkembangan teknologi juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Restoran akan lebih mudah menghadapi tantangan ini jika mereka dapat memanfaatkan pelanggan dengan mengoptimalkan peran advokat merek mereka. Namun, karena restoran hanya berfokus pada strategi pemasaran mereka untuk memperoleh pelanggan baru, mereka mengabaikan dan tidak menyadari upaya untuk mengoptimalkan peran advokat dari pelanggan mereka. Padahal, untuk memperoleh pelanggan baru, restoran dapat memperolehnya dari kerja keras pelanggan lama yang setia dengan merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh brand experience terhadap brand advocacy dalam konteks restoran cepat saji lokal di Kota Malang. Pada penelitian ini data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS) dengan aplikasi WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa restoran cepat saji lokal perlu meningkatkan kategori menu dan layanannya serta melakukan diversifikasi produk untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka. Selain itu, brand experience terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap brand advocacy. Strategi yang dapat direkomendasikan untuk mengoptimalkan brand advocacy adalah dengan penggunaan strategi omni-channel, 3H Content strategy, The peak end rule, food presentation strategy, product development strategy, sales promotion strategy, service support strategy, brand community strategy, dan penjaminan mutu produk dan layanan. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, restoran cepat saji lokal dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan pengalaman merek, dan memperoleh dukungan yang lebih besar dari pelanggan. Temuan penelitian ini memiliki implikasi praktis yang berharga bagi pemilik bisnis dan praktisi pemasaran dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Selain itu,vi vi penelitian ini juga memberikan kontribusi pada literatur akademik tentang manajemen merek dan perilaku konsumen, khususnya dalam konteks restoran cepat saji lokal
English Abstract
Local fast food restaurants face tough competition from established international brands. In addition, cultural changes and consumer preferences influenced by globalization and technological developments are also important factors to consider. Restaurants would be better able to face this challenge if they could leverage customers by optimizing their role as brand advocates. However, since restaurants only focus on their marketing strategies to acquire new customers, they ignore and are unaware of efforts to optimize their advocacy role. In fact, to gain new customers, restaurants can earn them from the hard work of old customers who are loyal to the brand. In the case of fast food restaurants in the city of Malang, the study examines the effects of brand experience on brand advocacy. To analyze the data collected from respondents working in fast food restaurants, they used the Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS) method along with the WarpPLS application. Research shows that local fast food restaurants need to improve their menu and service categories as well as diversify their products to maintain their survival. Furthermore, it has been demonstrated that brand experience has a significant impact on brand advocacy. The recommended strategy to optimize brand advocacy are omni-channel strategy, 3H Content strategy, The peak end rule, food presentation strategy, product development strategy, sales promotion strategy, service support strategy, brand community strategy, and quality assurance of products and services. By implementing these strategies, local fast food restaurants can strengthen customer relationships, enhance the brand experience, and gain greater customer support. These research findings have valuable practical implications for business owners and marketing practitioners in optimizing their marketing strategies. In addition, the research also contributes to academic literature on brand management and consumer behavior in the context of local fast food restaurants.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042305 |
Uncontrolled Keywords: | Restoran fast food lokal, Brand experience, Brand awareness, Brand commitment, Brand advocacy |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:21 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208379 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ulfatul Azimah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |