Peran Reward (Pemberian Hadiah) Terhadap Motivasi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Panjura Dalam Mengerjakan Tugas Bahasa Jepang.

Azmi, Fairuz Elvina. and Dwita Nabilah Apsari, S.Pd. (2023) Peran Reward (Pemberian Hadiah) Terhadap Motivasi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Panjura Dalam Mengerjakan Tugas Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mata pelajaran bahasa Jepang bukanlah mata pelajaran yang banyak diminati oleh siswa kelas XI IPS 2 SMA Panjura. Hal ini dapat dilihat dari keadaan kelas ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Untuk mengetahui apakah reward pemberian hadiah dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas, penelitian kualitatif deskripsi ini dilakukan. Dengan purposive sampling, telah ditentukan 11 dari total 22 siswa kelas XI IPS 2 SMA Panjura sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebagian besar siswa kelas XI IPS 2 SMA Panjura merasakan peran reward yang baik terhadap motivasi mengerjakan tugas. Meskipun begitu, tetap ada dampak negatif jika dilakukan terlalu sering, seperti siswa jadi selalu ingin imbalan setelah selesai mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada guru untuk hanya sesekali dapat mengaplikasikan reward berupa hadiah dalam pembelajaran bahasa Jepang untuk meningkatkan motivasi siswa.

Other obstract

日本語は、クラスXI IPS 2 SMA Panjuraの生徒にとって、あまり関心のない科目である。これは、学習活動からクラスの様子がかかって。観察の結果から、贈り物によるギフト報酬が生徒の課題遂行へのモチベーションを高めることができるかどうかを知るめにこの記述的質的研究が行われた。目的サンプリングにより、クラスXI IPS 2 SMA Panjuraの合計22人の生徒のうち11人を回答者として決定した。調査の結果、クラスXI IPS 2 SMA Panjuraの多くの生徒が、ギフト報酬の役割は課題をこなすモチベーションを高めると感じていることがわかった。しかし、あまり頻繁に行われると、生徒が課題を終えた後に必ずご褒美を欲しがるなど、マ゗ナスの影響も生じる。したがって、日本語学習において、生徒のモチベーションを高めるために、教師がギフト報酬を適用するのは時々であることが推奨される。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:26
Last Modified: 11 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208336
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FAHMI_.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item