Analisis Perlindungan Hukum Hak Cipta Musik yang di Upload pada Aplikasi Tiktok Berdasarkan Undang undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta

Pieter, Patricia and Afifah Kusumadara,, S.H., LL.M., SJD. and M. Zairul Alam,, S.H., M.H. (2022) Analisis Perlindungan Hukum Hak Cipta Musik yang di Upload pada Aplikasi Tiktok Berdasarkan Undang undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai Perlindungan Hukum Hak Cipta Dalam E-Sports Berdasarkan Undang - Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Pilihan tema ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan industri e-sports di Indonesia, potensinya untuk semakin berkembang di masa depan, serta adanya urgensi untuk meningkatkan perlindungan hak cipta dalam e-sports. Meskipun permainan video dalam e-sports terdiri dari sejumlah aset kreatif terpisah yang masing-masing dilindungi oleh undang - undang hak cipta, namun rupanya pengaturan dalam undang - undang tersebut belum cukup memadai ketika berkaitan dengan kegiatan pembuatan dan penyebarluasan konten e-sports. Sehingga, dari sini penulis menganalisis perlindungan hak cipta yang terdapat dalam e-sports berdasarkan Undang - Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, khususnya terkait hak cipta penyiaran konten (broadcasting), karya hasil modifikasi, dan karya user-generated content dalam e-sports. Berdasarkan latar belakang tersebut, skripsi ini mengangkat 2 (dua) rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana analisis perlindungan hak cipta dalam e-sports berdasarkan Undang - Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta? 2) Bagaimana bentuk perlindungan hukum hak cipta dalam e-sports menurut hukum negara lain dan perbandingannya dengan yang diatur dalam Undang - Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta? Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode yuridis normatif dengan jenis pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan komparatif. Bahan-bahan hukum yang dikumpulkan penulis diolah dengan teknik analisis data kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan teknik interpretasi sistematis dan interpretasi perbandingan Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis menemukan bahwa sementara setiap aset kreatif dalam e-sport dilindungi oleh undang - undang hak cipta secara eksklusif bagi pemegang hak cipta, pasal 43 huruf d memperbolehkan pembuatan dan penyebarluasan non-komersial oleh pihak ketiga, sehingga kebertolakan ini memiliki potensi untuk menimbulkan kebingungan. Amerika Serikat mengenal doktrin transformatif dari penggunaan wajar sebagai bentuk pembelaan atas modifikasi atau penyebarluasan konten e-sports, Tiongkok secara tegas hanya mengakui kegiatan tersebut sebagai hak eksklusif yang dimiliki pemegang hak cipta. Pelanggaran hak cipta tidak akan terjadi apabila karya atau konten buatan pihak ketiga tidak dimanfaatkan untuk kegiatan komersial dan tidak merugikan pemegang hak cipta aslinya.

English Abstract

In the thesis, the author raises issues regarding the Legal Protection of Copyright in E-Sports According to Law Number 28 of 2014 concerning Copyright. The choice of theme was motivated by the phenomenon of the rapid development of the e-sports industry in Indonesia and its potential for further development in the future, and the urgency to increase copyright protection in e-sports. Although video games in e-sports consist of a number of separate creative assets, each of which protected by the copyright law, it seems that the provisions in the law are not sufficient when it comes to creating and distributing e-sports content. Subsequently, the author analyzes the copyright protection in the e-sports in accordance to Law Number 28 of 2014 concerning Copyright, especially related to copyright in content broadcasting, modified works, and usergenerated content in e-sports. Based on this background, the thesis raises 2 (two) problem questions as follows: 1) How is the analysis of copyright protection in e-sports according to Law Number 28 of 2014 concerning Copyright? 2) What is the form of legal protection of copyright in e-sports according to the laws of other countries and how does it differ from those stipulated in Law Number 28 of 2014 concerning Copyright? In writing the thesis, the author uses a normative juridical method with a statute approach, a case approach, and a comparative approach. Legal materials collected by the author were processed using qualitative data analysis techniques and analyzed using interpretation techniques and comparative interpretation techniques. The results of the research using the aforementioned method, the author found that while each creative asset in e-sports is protected by the copyright law exclusively for the copyright owner(s), article 43 letter d allows non-commercial creation and distribution by third parties, thus led to contradiction and may cause confusion. The United States recognizes the transformative doctrine of fair use as a form of defense of the modification or dissemination of e-sports content, People's Republic of China firmly recognizes these activities as an exclusive rights of the copyright owner(s). Copyright infringement will not occur if the work or content made by parties other than the copyright owner is not used for commercial activities and does not harm the rights of the copyright owner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pitoyo Widhi Atmoko
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:49
Last Modified: 12 Jan 2024 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208267
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
208267 Patricia Pieter.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item