Aileen Chiquita Renata, Putri and Dr. Yuliati,, S.H., LL.M. and Dr. Djumikasih, , S.H., M.H. (2022) Urgensi Pengaturan Endorsement Dalam Kegiatan Periklanan Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Aileen Chiquita Renata Putri, Hukum Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Bulan Tahun, Urgensi Pengaturan Endorsement dalam Kegiatan Periklanan di Indonesia, Dr. Yuliati, S.H., LL.M., Dr. Djumikasih, S.H.,M.H. Pada skripsi ini, Penulis mengangkat permasalahan mengenai urgensi untuk dibentuk dan diberlakukannya peraturan perundang-undangan atau peraturan sah yang bersifat mengikat mengenai kegiatan periklanan dengan sistem endorsement. Endorsement sendiri adalah alat periklanan yang disukai oleh beberapa pemasar dan sebagian besar telah dianggap sebagai formula terbaik untuk pemasaran produk dan pembangunan merek. Berdasarkan banyaknya permasalahan-permasalahan yang timbul dari terlaksananya kegiatan periklanan dengan sistem endorsement ini yang merugikan semua pihak terlebih konsumen. Berdasarkan hal tersebut di atas, Penulis mengangkat dua rumusan masalah dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana urgensi pengaturan endorsement dalam kegiatan periklanan di Indonesia? (2) Bagaimana bentuk pengaturan endorsement dalam kegiatan periklanan di Indonesia? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan/statute approach dan pendekatan perbandingan/comparative approach. Bahan hukum ini Penulis akan menganalisa dengan menggunakan teknik analisis deskriptif Teknik Deskriptif yaitu metode yang menguraikan (mengabstraksikan) suatu fenomena apa adanya atau posisi dari proposisi-proposisi hukum dan non-hukum yang dijumpai atau untuk lebih jelasnya adalah metode yang menganalisis bahan hukum dengan cara melakukan menentukan isi atau makna aturan hukum berbagai bahan hukum yang ada dan teknik Komparatif yaitu teknik yang membandingkan penjelasan berdasarkan perbandingan hukum dengan tujuan mencapai objektifitas penyempurnaan produk hukum untuk masa mendatang. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, Penulis memperoleh banyak hasil dan pertimbangan- pertimbangan dan jawaban atas rumusan masalah yang ada bahwa di Indonesia sendiri kegiatan periklanan dengan sistem endorsement ini telah dilakukan dan telah terjadi juga terbukti efektif untuk menunjang kegiatan jual-beli dengan metode online, namun dalam sekian kelebihannya tentunya sistem endorsement ini memiliki banyak kekurangan yang menimbulkan banyaknya masalah yang merugikan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan periklanan dengan sistem endorsement ini mulai dari pihak pelaku usaha, endorser, dan tentunya konsumen yang paling banyak dirugikan deikarenakan kegiatan ini tidak diatur mulai dari kedudukan hukum endorser, sampai ruang lingkup kegiatannya, tidak ada juga badan pengawas yang bertugas untuk mengontrol jalannya kegiatan ini, namun dalam penelitian ini Penulis menemukan suatu titik terang dari hasil pembandingan dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen milik Negara India yaitu Consumer Protection Act, 2019 of India yang telah mengatur mengenai kegiatan periklanan dengan sistem endorsement ini yang kemudian dapat cocok untuk nantinya diterapkan di Negara Indonesia untuk menciptakan adanya keamanan, keadilan, dan kepastian hukum dalam melaksanakan kegiatan periklanan dengan sistem endorsement di Indonesia, dan meminimalisir kerugian untuk konsumen aga perlindungan konsumen bisa lebih dimaksimalkan.
English Abstract
In this thesis, the author raises the issue of the urgency to form and enforce laws and regulations or legally binding regulations regarding advertising activities with the endorsement system. Endorsements themselves are the preferred advertising tool by some marketers and have been largely regarded as the best formula for product marketing and brand building. Based on the many problems that arise from the implementation of advertising activities with this endorsement system which is detrimental to all parties, especially consumers. Based on the above, the author raises two problem formulations in this thesis, namely: (1) What is the urgency of regulating endorsements in advertising activities in Indonesia? (2) What is the form of endorsement arrangement in advertising activities in Indonesia? Then the writing of this thesis using a normative juridical method with statute approach and comparative approach. The legal material obtained by the author will be analyzed using descriptive analysis techniques. Descriptive technique is a method that describes (abstracts) a phenomenon as it is or the position of legal and non-legal propositions encountered or for more details is a method that analyzes legal materials by determine the content or meaning of the legal rules of various existing legal materials and comparative techniques, namely techniques that compare explanations based on legal comparisons with the aim of achieving objectivity in improving legal products for the future. From the results of the research using the method above, the author obtained many results and considerations and answers to the existing problem formulation that in Indonesia alone advertising activities with this endorsement system have been carried out and have also proven effective to support buying and selling activities with online methods. , but in terms of its advantages, of course, this endorsement system has many drawbacks that cause many problems that are detrimental to the parties involved in advertising activities with this endorsement system starting from the business actors, endorsers, and of course consumers who are the most disadvantaged due to this activity not regulated starting from the legal position of the endorser, to the scope of its activities, there is also no supervisory body in charge of controlling the course of this activity, but in this study the author found a bright spot from the results of comparison with the Indonesian Consumer Protection Act. he is the Consumer Protection Act, 2019 of India which has regulated advertising activities with this endorsement system which can then be suitable for later application in the State of Indonesia to create security, justice, and legal certainty in carrying out advertising activities with the endorsement system in Indonesia, and minimize losses for consumers so that consumer protection can be maximized.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052301 |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pitoyo Widhi Atmoko |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 08:16 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 08:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208230 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
208230 AILEEN CHIQUITA RENATA PUTRI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |