Analisis Efisiensi Pemasaran Bunga Mawar Tabur Di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur

SETIA BAKTI, TITIS and Neza Fadia Reyasa, STP., MSc (2023) Analisis Efisiensi Pemasaran Bunga Mawar Tabur Di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Rejosari adalah daerah yang terkenal dalam hal memproduksi bunga mawar tabur di Kecamatan Wonodadi. Petani sebagai produsen mawar tabur tidak menjual sendiri produknya langsung ke konsumen sehingga bergantung pada lembaga pemasaran. Pemasaran mawar tabur seringkali menimbulkan selisih harga yang relatif tinggi antara petani produsen dengan konsumen yang disebabkan oleh besarnya biaya pemasaran dan keuntungan yang diambil oleh setiap lembaga pemasaran yang terlibat. Semakin banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat akan menimbulkan margin pemasaran yang besar. Margin pemasaran yang semakin besar akan menyebabkan persentase bagian harga yang diterima petani semakin kecil, sehingga menyebabkan kurang efisiennya saluran pemasaran. Analisis terhadap efisiensi pemasaran bunga mawar tabur perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi dan tambahan informasi bagi petani serta dasar pertimbangan dalam hal pengambilan keputusan sebagai upaya untuk meningkatkan harga jual bunga mawar tabur di tingkat petani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran bunga mawar dan tingkat efisiensi saluran pemasaran bunga mawar di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif dilakukan dengan cara menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi dan situasi dari berbagai data yang telah dikumpulkan yaitu hasil wawancara dan observasi yang terjadi dalam proses pemasaran bunga mawar tabur dari petani produsen hingga ke konsumen akhir. Analisis kuantitatif dilakukan dengan cara merinci serta mendeskripsikan biaya pemasaran dan keuntungan pada setiap lembaga pemasaran yang terlibat guna untuk menghitung nilai margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran dalam pemasaran bunga mawar tabur di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat dua saluran pemasaran yang terlibat dalam pemasaran bunga mawar tabur di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. Kedua saluran pemasaran sudah efisien. Namun berdasarkan nilai total margin pemasaran saluran pemasaran II sebesar Rp. 55.000 atau 31,42% lebih kecil daripada nilai total margin pemasaran saluran I sebesar Rp. 75.000 atau 42,85%, nilai farmer’s share saluran pemasaran II sebesar 68,57% lebih besar daripada nilai farmer’s share saluran pemasaran I sebesar 57,14%, dan nilai efisiensi pemasaran saluran II sebesar 1,22% lebih kecil daripada nilai efisiensi pemasaran saluran I sebesar 1,68%, sehingga dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran II lebih efisien daripada saluran pemasaran I. Diharapkan petani membentuk paguyuban untuk melakukan pemasaran secara kolektif dengan tujuan meningkatkan kuantitas mawar yang dipasarkan, sehingga petani dapat menggunakan saluran pemasaran tanpa pedagang pengepul, sehingga pemasaran lebih efisien

English Abstract

Rejosari Village is a famous sown rose producing area in Wonodadi District. Farmers as rose producers do not sell their own products directly to consumers so they depend on marketing agencies. Marketing of roses often results in a relatively high price difference between producer farmers and consumers due to the large marketing costs and profits taken by each of the marketing agencies involved. The more marketing agents involved will generate a large marketing margin. The higher the marketing margin, the lower the percentage of price received by farmers so that the marketing channel is less efficient. Analysis of the efficiency of rose marketing needs to be carried out as evaluation material and additional information for farmers as well as a basis for consideration in terms of decision making as an effort to increase the selling price of sown roses at the farmer level. This study aims to analyze the marketing channel for roses and the level of efficiency of the marketing channel for roses in Rejosari Village, Wonodadi District, Blitar Regency, East Java Province. Methods of data analysis in this study used descriptive analysis and quantitative analysis. Descriptive analysis was carried out by analyzing, describing, and summarizing various conditions and situations from various data that had been collected, namely the results of interviews and observations that occurred in the process of marketing sown rose from producer farmers to final consumers. Quantitative analysis was to calculate the costs and benefits of marketing at each of the marketing agencies involved in order to calculate the value of marketing margin, farmer's share, and marketing efficiency in marketing sown roses in Rejosari Village, Wonodadi District, Blitar Regency, East Java Province. According to the results of this study, there are two marketing channels involved in marketing rose flowers in Rejosari Village, Wonodadi District, Blitar Regency, East Java Province. Both marketing channels are already efficient. However, based on the total marketing margin value of channel II is Rp. 55,000 or 31.42% less than the total channel I marketing margin is Rp. 75,000 or 42.85%, the farmer’s share value of marketing channel II is 68.57% greater than farmer’s share value of marketing channel I is 57.14%, and the marketing efficiency value of channel II is 1.22% less than marketing efficiency value channel I is 1.68%, so it can be concluded that marketing channel II is more efficient than marketing channel I. It is hoped that farmers will form associations to carry out joint marketing with the aim of increasing the quantity of roses marketed, so that farmers can use marketing channels without collectors, so that marketing is more efficient. Key word: marketing channel, marketing efficiency, margin, farmer's share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: saluran pemasaran, efisiensi pemasaran, margin, farmer’s share
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:31
Last Modified: 11 Jan 2024 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208193
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Titis Setia Bakti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item