Perbaikan Desain Kursi Masinis yang Ergonomis Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD),

Marsella, Dini and Sugiono, ST., MT., Ph.D., and Wisnu Wijayanto Putro, ST., M.Eng., (2023) Perbaikan Desain Kursi Masinis yang Ergonomis Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kereta api merupakan sarana transportasi umum yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk bepergian. Kereta api dioperasikan oleh seorang masinis, dimana masinis merupakan satu-satunya peran yang diperbolehkan mengoperasikan sarana perkeretaapian dibawah tanggung jawab penyelenggara sarana perkeretaapian dengan sertifikasi yang telah diberikan secara khusus. Kecelakaan dalam perjalanan menggunakan kereta api salah satunya dapat disebabkan oleh faktor human error masinis yang dapat terjadi karena faktor ketidaknyamanan masinis baik secara mental maupun fisik. Secara fisik, ketidaknyamanan ini dapat disebabkan oleh lingkungan maupun fasilitas yang digunakan masinis, salah satunya ialah kursi masinis. Berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan, perancangan kursi masinis yang dilakukan oleh PT INKA (Persero) belum secara aktif menerapkan ergonomi. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA), yaitu skor 5 dan 7 yang termasuk dalam risiko medium yang berarti postur masih membutuhkan investigasi lebih lanjut dan perubahan secepatnya. Penelitian ini menggunakan metode Ergonomic Function Deployment (EFD) untuk merancang kursi yang lebih ergonomis dengan mempertimbangkan kebutuhan dari pengguna produk tersebut, yaitu masinis. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan ke masinis di DAOP 8 Surabaya. Setelah mendapatkan spesifikasi perbaikan pada kursi masinis, dilakukan redesain kursi masinis menggunakan software SketchUp Pro 2020. Hasil dari penelitian ini ialah spesifikasi kursi masinis yang baru dengan urutan prioritas, yaitu dimensi kursi disesuaikan dengan dimensi Antropometri Indonesia dengan filter yang disesuaikan, pemberian space dengan ukuran panjang telapak kaki dengan penambahan allowance, sandaran punggung mengikuti lekuk tubuh dengan diberikan lengkungan pada bagian leher dan punggung, bahan sandaran dan alas menggunakan vynil agar awet dan mudah dibersihkan dan bahan kerangka kursi menggunakan plastik ABS agar tahan lama, penambahan armrest yang disesuaikan dengan ukuran panjang lengan bagian bawah hingga jari tangan, kursi dapat disesuaikan atas-bawah, kiri-kanan, dan perputaran 360 derajat, penambahan spons pada alas dan sandaran agar lebih kursi menjadi lebih empuk, penggunaan spons dengan tingkat density tingga agar tahan lama, penambahan sandaran leher pada sandaran punggung, penambahan airbag dan seatbelt pada kursi masinis, serta tuas penyesuaian kursi kerja

English Abstract

The train is a means of public transportation most often used by Indonesian people to travel. The train is operated by a machinist, where the machinist is the only role that is allowed to operate the railroad facilities under the responsibility of the railway facility operator with a certificate that has been specifically given. Accidents on the way by train one of which can be caused by the human error factor of the driver which can occur due to the driver's discomfort both mentally and physically. Physically, this discomfort can be caused by the environment and the facilities used by the machinist, one of which is the machinist's seat. Based on the interviews and observations that have been made, the design of the machinist's chair by PT INKA (Persero) has not actively implemented ergonomics. This is also evidenced by the results of an analysis using the Rapid Entire Body Assessment (REBA) method, namely scores 5 and 7 which are included in the medium risk, which means that posture still requires further investigation and changes as soon as possible. This study uses the Ergonomic Function Deployment (EFD) method to design chairs that are more ergonomic by considering the needs of the users of the product, namely machinists. The data collection process was carried out using a questionnaire distributed to machinists at DAOP 8 Surabaya. After obtaining repair specifications for the driver's seat, a redesign of the driver's seat was carried out using the SketchUp Pro 2020 software. The results of this study are the new machinist's chair specifications in order of priority, namely the dimensions of the chair are adjusted to the dimensions of Indonesian Anthropometry with an adjusted filter, the provision of space with the length of the soles of the feet with the addition of allowances, the backrest following the curve of the body by giving an arch in the neck and back, backrest and base materials use vinyl for durability and easy cleaning and chair frame materials use ABS plastic for durability, additional armrests that are adjusted to the length of the forearms to the fingers, seats can be adjusted up and down, left and right, and 360 degree rotation, adding a sponge to the base and backrest to make the seat softer, using a high-density sponge to make it last longer, adding a neck rest to the backrest, adding airbags and seatbelts to the machinist's seat, and working seat adjustment levers

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: kursi masinis, ergonomi, rapid entire body assessment, ergonomic function deployment.-driver's chair, ergonomics, rapid entire body assessment, ergonomic function deployment.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:11
Last Modified: 11 Jan 2024 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208189
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dini Marsella.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item