Implikatur Percakapan pada Program Radio NCT127 Yuta no Yuta at Home

Lorenza, Dina and Dr. Aji Setyanto, M.Litt (2023) Implikatur Percakapan pada Program Radio NCT127 Yuta no Yuta at Home. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam percakapan, kadang kala tuturan yang diucapkan dapat mengandung makna implisit yang dalam kajian pragmatik disebut dengan implikatur percakapan. Penelitian ini berfokus pada implikatur percakapan yang dalam penerapannya telah memenuhi prinsip kerja sama serta prinsip kesopanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah tuturan dari DJ (Disk Jockey) dan bintang tamu pada program radio NCT127 Yuta no Yuta at Home. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implikatur percakapan yang telah memenuhi prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan. Dalam melakukan analisa permasalahan yang dibahas, penelitian ini menggunakan teori implikatur percakapan dan prinsip kerja sama dari Yule dan teori prinsip kesopanan dari Leech. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa percakapan yang terjadi dalam program radio NCT127 yuta no yuta at home mengandung implikatur percakapan yang telah memenuhi prinsip percakapan yaitu prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan. Ditemukan sebanyak 15 data yang mengandung implikatur percakapan dan telah memenuhi prinsip kerja sama serta prinsip kesopanan.

Other obstract

会話をする時に、話される発話に暗黙の意味が含まれていることがある。語用論研究で、これは会話の含意と呼ばれる。この研究は、協力とポライトネスの原則を満たす会話の含意に焦点を当てている。この論文は説明的な質的方法を使用している。使用した資料源は、DJ (ディスク ジョッキー) とラジオ番組NCT127ユウタのYuta at Homeでの出演者の話しである。研究の目的は、どの会話含意が協力とポライトネスの原則を満たしてことである。問題を分析する際に、この研究ではユールの会話の含意そして協力の原則の理論、するとリーチのポライトネスの原則の理論を使用する。研究の結果は、会話の含意を含み、協力とポライトネスの原則を満たしているデータが 15 件がある。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: implikatur percakapan, prinsip kerja sama, prinsip kesopanan, NCT 127 yuta no yuta at home
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:03
Last Modified: 11 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208172
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DINA LORENZA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item