Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Oleh Mahasiswa Praktikkan P4.

Septyaningtyas, Ade Palupi and Dr. Sri Aju Indrowaty,, S.Pd., M.Pd., and Rike Febriyanti,, S.Pd., M.A., (2022) Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Oleh Mahasiswa Praktikkan P4. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ABSTRAK Septyaningtyas, Ade Palupi. 2022. Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Oleh Mahasiswa Praktikkan P4. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing: Rike Febriyanti Kata Kunci: respon siswa, mahasiswa praktikkan P4, pembelajaran daring Semenjak terjadinya pandemi covid-19, proses pembelajaran yang awalnya luring berubah menjadi daring sebagai alternatif yang harus dilaksanakan guna memutus rantai penyebaran virus corona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran daring bahasa Jepang oleh mahasiswa praktikkan P4. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui platform Google Formulir tanpa harus melakukan tatap muka karena dikhawatirkan akan terjadi penyebaran virus corona. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah penulis membuat 10 pernyataan yang harus diisi oleh responden menggunakan 4 kategori skala likert, yaitu Sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Dari 4 kategori skala tersebut akan dikelompokkan menjadi 2, yaitu respon positif dan respon negatif. Kemudian dicari rata-rata persentase respon dengan membagi jumlah persentase respon dengan jumlah pernyataan dalam kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, 21 siswa kelas XI IPS 1 atau dalam data kelas lintas minat SMAN 02 Batu adalah kelas XI LM 2, memilih jawaban setuju mengenai respon terhadap pembelajaran daring bahasa Jepang oleh mahasiswa praktikkan P4 sehingga masuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase 98.6% jawaban bernilai positif (untuk opsi sangat setuju dan setuju) dan 1.4% jawaban bernilai negatif (untuk opsi tidak setuju dan sangat tidak setuju) dari hasil respon siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: respon siswa, mahasiswa praktikkan P4, pembelajaran daring
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:47
Last Modified: 11 Jan 2024 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208133
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ade Palupi Septyaningtyas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item