Muhammad Iqbal, Tawakal, and Kiki Fibrianto,, STP., M.Phil., Ph.D (2023) Trend Pembelian Kopi di Warung Kopi dan Café di Kota Malang Tahun 2022. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kopi adalah minuman yang sangat digemari masyarakat di kota Malang. Perkembangan bisnis minuman memiliki peningkatan persaingan bisnis yang semakin ketat sehingga pelaku bisnis dituntut untuk memiliki inovasi lebih dengan tujuan mampu bersaing dengan pelaku bisnis minuman kopi lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana trend pembelian kopi di kota malang sehingga dapat diketahui bagaimana preferensi konsumen dalam menentukan pembelian kopi yang konsumen inginkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey kuisioner dengan teknik pengambilan data incidental sampling. Data yang didapatkan diolah menjadi bentuk excel dan dilakukan pengolahan dengan minitab menggunakan metode Principal Component Analysis dan metode ANOVA General Linear Model untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap respon dan dilakukan uji Comparison terhadap faktor dan respon yang berpengaruh untuk mengetahui perbandingan jumlah respon yang dipilih oleh konsumen pada faktor yang dilakukan uji. Hasil dari survey didapatkan responden sejumlah 114 orang serta jumlah warung kopi dan café 1384 bisnis minuman kopi. Hasil uji Principal Component, ditentukan faktor gender dan perokok sebagai faktor utama dan beberapa respon. Didapatkan faktor dan respon yang berpengaruh nyata adalah faktor perokok terhadap respon intensitas konsumsi, perokok terhadap intensitas berkunjung, dan gender terhadap tipe tempat dari uji Anova General Linear Model. Didapatkan perokok lebih intens mengkonsumsi kopi daripada bukan perokok juga perokok lebih sering berkunjung ke warung kopi dan café dibandingkan bukan perokok. Selain itu, didapatkan juga laki-laki lebih banyak mengunjungi warung kopi daripada perempuan dan berkebalikan dengan perempuan yang lebih banyak yang mengunjungi café daripada laki-laki dari uji Comparison. Disimpulkan bahwa pembelian kopi di kota malang dipengaruhi konsumen yang mengkonsumsi rokok serta tipe tempat yang disukai gender berbeda. Harus dilakukan survey tiap tahun untuk mengetahui trend tiap tahun.
English Abstract
Coffee drink is a popular drink among people in Malang. Coffee drink business itself made a huge development growth each time means business competition between coffee drink business being harder and business owners demanded to have more innovations so their business can survive under the hard competition. This research has purpose to know how is the trend of buying coffee at Malang city so this research can know what preferences consumer have to determine what coffee does the consumer want to buy. Methods that used in this research to collect the data is survey questionnaire using incidental sampling technique. Data from questionnaire got converted into excel data and processed by Minitab application using Principal Component Analysis method and ANOVA General Linear model to know factors that have effect to responses and last factors and responses who have effect to each other got processed using comparison method to know the difference of the most response consumer use for factors. Data that research got from survey to the respondents is there are 114 respondents and also there are 1384 coffee drink shops at Malang city. Data got processed and tested using Principal Component Analysis. Main factors and responses that research get, got processed using ANOVA General Linear Model method so research can get factors and responses that have effect each other which is smoker factor to consumption intensity response, smoker to visit intensity, and gender to place type. Factors and responses research get from ANOVA test get processed using Comparison test and the results are smoker consume more coffee rather than not smoker also smoker visit more coffee drink shops compared to not smoker. For gender to place type result, men visit more small coffee shop compared to women. For café, women visit more rather than men. Conclusion that research got were coffee buying in Malang city influenced by a consumer who consume smoke and place type relevant to the consumer gender target. Need to do this survey each year to know each year’s trend.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052310 |
Uncontrolled Keywords: | kopi, preferensi, survey, trend coffee, preference, survey, trend |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username verry |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:41 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 03:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208129 |
Text (Dalam Masa Embargo)
MUHAMMAD IQBAL TAWAKAL.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |