Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan, Religiusitas, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Mengambil Pembiayaan di Bank BTPN Syariah (Studi Pada Masyarakat Kota Bandung)

Nurhidayat, Rizki and Dr. Sri Muljaningsih,, SE., MSP. (2023) Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan, Religiusitas, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Mengambil Pembiayaan di Bank BTPN Syariah (Studi Pada Masyarakat Kota Bandung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sampai saat ini perbankan syariah telah mengalami perkembangan yang ditandai meningkatnya total aset, pembiyaan, dan DPK. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari kinerja perbankan syariah salah satunya Bank BTPN Syariah yang mengalami peningkatan total aset, pembiayaan, serta DPK. Namun, perkembangan tersebut masih belum meningkatkan market share perbankan syariah. Adapun terdapat banyak faktor yang bisa berpengaruh terhadap keputusan masyarakat seperti pendapatan, pengetahuan, religiusitas, dan kualitas produk. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pengetahuan, religiusitas, dan kualitas produk terhadap keputusan mengambil pembiayaan dengan memfokuskan objek pada masyarakat Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun metode analisis data memakai analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pendapatan tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel pengetahuan, religiusitas, dan kualitas produk berpengaruh siginifikan terhadap keputusan masyarakat Kota Bandung mengambil pembiayaan.

English Abstract

Until now, Islamic banking has experienced growth marked by an increase in total assets, financing, and DPK. This growth is closely tied to the performance of Islamic banks, including Bank BTPN Syariah which has seen an increase in total assets, financing, and DPK. However, this development has still not increased the market share of Islamic banking. There are many factors that can influence people's decisions such as income, knowledge, religiosity, and product quality. Therefore, this research aims to determine the influence of income, knowledge, religiosity, and product quality on the decision to take financing, focusing on the residents of Bandung City. This study employs a quantitative method with data collection through questionnaires. The data analysis method uses logistic regression analysis with SPSS software. The research results that the income variable does not have a significant impact. Meanwhile knowledge, religiosity, and product quality variables have a significant impact on the decision of Bandung City residents to take financing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020630
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan, Pendapatan, Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Produk.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:29
Last Modified: 11 Jan 2024 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208076
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
rizki nurhidayat.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item