Kualitas Informasi Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Skripsi. Program Studi Ilmu Perpustakaan

Riyannorjannah, Evy and Dr. Drs. Muhammad Shobaruddin, M.A and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP (2023) Kualitas Informasi Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Skripsi. Program Studi Ilmu Perpustakaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi publik adalah informasi yang berkaitan dengan pemerintahan yang disebarkan oleh badan publik dengan salah satu cara melalui website. Dinas Komunikasi dan Informatika Malang mendapatkan penghargaan dari ajang penghargaan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi atau PPID Award sebagai kota dengan sistem pelayanan informasi publik terbaik kabupaten/kota kategori B (Terbuka).Namun, lain halnya menurut Malang Corruption Watch (MCW) yaitu lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam bidang anti korupsi menyebutkan bahwa keterbukaan informasi publik di pemerintahan Kota Malang masih tertutup.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas informasi dalam pelayanan informasi publik pada website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Disamping itu teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas informasi dalam pelayanan informasi publik pada website Dinas komunikasi dan informatika Kota Malang sudah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kualitas isi/konten dan kualitas layanan yang menunjukkan hasil yang cukup baik. Meskipun dalam hal teknis pelayanan informasi publik memiliki kendala pada penggunaan serta tampilan website.Kualitas Informasi Dalam Pelayanan Informasi Publik pada website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang secara keseluruhan memiliki kualitas informasi yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator mengenai kualitas isi/konten yang informasi sesuai dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang informasi publik yang harus dipublikasikan oleh suatu badan publik.

English Abstract

Public information is information that are related to the government disseminated by public institutions, one of which are through the website. Communication and Informatics Office of Malang received an award from the Information and Documentation Manager Officer awarding event or PPID Award as the city with the best district/city public information service system category B (Open). However, according to Malang Corruption Watch (MCW), a non-governmental organization that is focusing in anti-corruption stated that public information disclosure in the government of Malang City is still closed. This study aims to describe and analyze the quality of information in public information services on the website of Communication and Informatics Office of Malang. The method used in this research is a qualitative research method with a descriptive approach. The data collection techniques are interviews, observation, and documentation. Besides that, the data analysis technique consists of data collection, data condensation, data presentation, and conclusion. Data validity are using source triangulation. Based on the result of the conducted research, it shows that the quality of information in public information services on the website of Communication and Informatics Office of Malang is adequate. This can be seen from the quality of content and service which shows exceptional results. Although in technical, public information services has issues with the website usability and appearance. Quality of Information in Public Information Services on the Website of Communication and Informatics Office of Malang as a whole has exceptional information quality. This can be seen from the fulfillment of indicators regarding the quality of information in accordance with Law Number 14 of 2008 concerning public information that must be published by a public institution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030538
Uncontrolled Keywords: informasi publik,kualitas informasi,pelayanan informasi publik
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:34
Last Modified: 12 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208066
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
EVY RIYANNORJANNAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item