Menuju Sistem Layanan Terbuka Masa Depan dengan Inovatif Untuk Meningkatkan Kepuasan Pemusutaka (Studi Di Peprustakaan Kementerian Pendididkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi)

Hanafiah, Erza Ananda and Dr. Niken Lastiti V.A., S.AP, M.AP., and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP (2023) Menuju Sistem Layanan Terbuka Masa Depan dengan Inovatif Untuk Meningkatkan Kepuasan Pemusutaka (Studi Di Peprustakaan Kementerian Pendididkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan sebagai lembaga pendukung pendidikan dan penelitian memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi dan akses informasi bagi masyarakat. Layanan pengguna menjadi tolak ukur dalam menilai keberhasilan suatu perpustakaan. Salah satu layanan yang sangat penting dalam perpustakaan adalah layanan sirkulasi, yang melibatkan proses peminjaman, pengembalian, dan penambahan bahan pustaka serta pencabutan dan pengaturan denda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis efektivitas sirkulasi layanan sistem dalam meningkatkan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas sistem layanan terbuka pada sirkulasi layanan di Perpustakaan Kemendikbud Ristek. Hasil dari penelitian ini adalah efektivitas sistem layanan terbuka pada layanan sirkulasi dalam meningkatkan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Kemendikbud Ristek belum sepenuhnya berjalan efektif. Pada SDM dan sarana dan prasarana belum cukup efektif dalam meningkatkan kepuasan pemustaka. Serta pada faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas sistem layanan terbuka pada layanan sirkulasi dalam emningkatkan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Kemendikbud Ristek memiliki beberapa faktor penghambat antara laini adalah SDM pada Perpustakaan Kemendikbud Ristek. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Perpustakaan Kemendikbud Ristek telah melakukan upaya untuk meningkatkan efektivitas layanan perpustakaan, namun perlu terus ditingkatkan untuk memastikan kepuasan pemustaka dan mencapai tujuan organisasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, penambahan jumlah pustakawan yang memadai dan peningkatan efektivitas sarana dan prasarana perlu menjadi perhatian dalam upaya meningkatkan efektivitas sistem layanan di perpustakaan. Selain itu, kualitas layanan lainnya juga perlu diperhatikan untuk memastikan sistem layanan yang optimal di perpustakaan.

English Abstract

Libraries as educational and research support institutions have an important role in increasing literacy and access to information for the community. User service is a benchmark in assessing the success of a library. One of the most important services in the library is the circulation service, which involves the process of borrowing, returning and adding library materials as well as revoking and setting fines. This study aims to determine, describe, and analyze the effectiveness of system service circulation in increasing user satisfaction at the Library of the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology as well as the factors that influence the effectiveness of an open service system in service circulation at the Ministry of Education and Culture's Library of Research and Technology. The result of this study is that the effectiveness of an open service system in service circulation in increasing user satisfaction at the Kemedikbud Ristek Library has not been fully effective. Human resources and facilities and infrastructure have not been effective enough in increasing user satisfaction. As well as on the factors that affect the effectiveness of the open service system on service circulation in increasing user satisfaction at the Ministry of Education and Culture's Library of Research and Technology, there are several inhibiting factors, including human resources at the Ministry of Education and Culture Library. This research concludes that the Ministry of Education and Culture Library has made efforts to improve service effectiveness library, but needs to be improved continuously to ensure user satisfaction and achieve overall organizational goals. Therefore, increasing the number of adequate librarians and increasing the effectiveness of facilities and infrastructure need to be a concern in efforts to increase the effectiveness of the service system in the library. In addition, the quality of other services also needs to be considered to ensure an optimal service system in the library.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030554
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,Kepuasan Pemustaka,Layanan Sirkulasi,Sistem Layanan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:58
Last Modified: 12 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208062
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erza Ananda Hanafiah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item