Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Visit Intention Eco-Tourism (Survei Pengunjung Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman, Kabupaten Mojokerto)

Putri, Ervina Septyanto and Inggang Perwangsa Nuralam, SE., MBA, Ph.D. (2023) Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Visit Intention Eco-Tourism (Survei Pengunjung Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman, Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PPLH Seloliman menjadi alternatif sebagai wisata edukasi untuk pelajar, warga, maupun wisatawan. Berdasarkan fenomena yang terjadi di lapang, pengunjung hanya ramai pada musim dan momen tertentu. Sedangkan di lain waktu, wisatawan yang berkunjung tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel Marketing Mix 7P terhadap variabel Visit Intention pada Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (Explanatory research). Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Data penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan online kepada 155 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari data penelitian terdahulu, buku, jurnal, dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan regresi moderasi. Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Product, Price, Promotion, Process, maupun Physical Evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Visit Intention (Y) pada Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman, Trawas. Sedangkan variabel Place dan People tidak berpengaruh terhadap variabel Visit Intention (Y) pada Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman, Trawas.

English Abstract

PPLH Seloliman is an alternative as an educational tour for students, residents and tourists. Based on phenomena that occur in the field, visitors are only crowded during certain seasons and moments. Meanwhile, at other times, visiting tourists did not experience a significant increase. This research aims to analyze the Marketing Mix 7P variable against the Visit Intention variable at the Seloliman Environmental Education Center, Mojokerto Regency. This research is explanatory research. The analytical method in this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. This research data was obtained by distributing questionnaires directly and online to 155 respondents. The sampling technique in this research was the purposive sampling method. The data used in this research is primary data obtained from questionnaires, while secondary data is obtained from previous research data, books, journals and the internet. The data analysis techniques used are descriptive and moderated regression. The data in this study was processed using SPSS ver 22. The results of this study indicate that the Product, Price, Promotion, Process, and Physical Evidence variables have a positive and significant influence on the Visit Intention (Y) variable at the Seloliman Environmental Education Center, Trawas. While the Place and People variables have no effect on the Visit Intention (Y) variable at the Seloliman Environmental Education Center, Trawas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030553
Uncontrolled Keywords: Eco-Tourism,Marketing Mix,Visit Intention
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:58
Last Modified: 12 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208060
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ervina Septyanto Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item