Pratiwi, Erlinda and Dr. Hermawan, S.IP, M.Si and Dr. Niken Lastiti V.A., S.AP, MAP. (2023) Paradigma Humanistik pada Pelayanan Dinas Sosial terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (Studi Pada Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peraturan Walikota Malang Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Sosial P3AP2KB merubah alur pelayanan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang saat ini hanya melayani pada pra dan pasca pelayanan kesehatan. Pemilihan lokasi penelitian di Kota Malang didasarkan pada Laporan Kesehatan Kota Malang Tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis penerapan paradigma humanistik, alur proses pelayanan, serta kualitas pelayanan pada Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang terkait laporan masyarakat mengenai ODGJ. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada penerapan paradigma humanistik, alur proses pelayanan, dan kualitas pelayanan pada Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang terkait laporan masyarakat mengenai ODGJ. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Fenomenologi oleh Moustakas (1994). Hasil Penelitian penerapan paradigma humanistik menunjukkan bahwa telah melayani dengan tidak mendiskriminasi siapapun, alur proses pelayanan sesuai dengan SOP yang berlaku, dan kualitas pelayanan telah mendapatkan respon positif dari masyarakat. Oleh karenanya, saran yang diberikan adalah (1) responsibilitas pelayanan diharapkan Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat, (2) tupoksi pada instansi terkait dapat saling berkontribusi, (3) dibutuhkan peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, serta (4) peraturan atau kebijakan shelter ODGJ.
English Abstract
Malang Mayor Regulation Number 36 of 2021 on the Position, Organizational Structure, Duties and Functions and Work Procedures of the Social Service changes the flow of services for people with mental disorders. The Social Service Office of Malang City currently only serves pre and post health services. The selection of research locations in Malang City is based on the Malang City Health Report 2021. The purpose of this research is to find out, describe and analyze the application of the humanistic paradigm, the flow of the service process, and the quality of service at the Social Service of Malang City related to public reports on people with mental disorders. This research uses descriptive qualitative research. This research is focused on the application of the humanistic paradigm, the flow of the service process, and the quality of service at the Malang City Social Service regarding public reports on people with mental disorders. The data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. While the data analysis method used is Phenomenological Analysis by Moustakas (1994). Research results on the application of the humanistic paradigm show that it has served by not discriminating against anyone, the flow of the service process is in accordance with the applicable Standard Operating Procedures, and the quality of service has received a positive response from the community. Therefore, the suggestions given are (1) service responsiveness is expected that the Social Service Malang City is active in providing information to the public, (2) the main tasks and functions of related agencies can contribute to each other, (3) it is necessary to increase the quantity and quality of human resources, and (4) regulations or policies for shelters for people with mental disorders.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030552 |
Uncontrolled Keywords: | Humanistik,Kualitas Pelayanan Publik,Orang Dengan Gangguan Jiwa,Penyelenggaraan Pelayanan Publik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 02:57 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 02:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208058 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erlinda Pratiwi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |