Strategi Pengelolaan Bisnis UMKM Berbasis Produk Wisata di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada UMKM Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya)

Hasanah, Enny Lisdayanti and Yusri Abdillah, S.Sos., M.Si., Ph.D (2023) Strategi Pengelolaan Bisnis UMKM Berbasis Produk Wisata di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada UMKM Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Kota Surabaya bagian timur dan pada Tahun 2022 menjadi program prioritas pemulihan ekonomi kota saat pandemi Covid-19 khususnya di sektor pariwisata. THP Kenjeran menaungi 197 pelaku UMKM yang terbagi dalam sembilan blok sesuai dengan kategori produknya masing-masing. Mengelola sebanyak 197 pelaku UMKM membutuhkan strategi tertentu agar Wisata THP Kenjeran tetap hidup, karena produk wisata utama THP Kenjeran yakni UMKM dengan produk khas pesisirnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi serta kendala THP Kenjeran dalam mengelola UMKM sebagai produk wisata. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman. Adapun validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini terdapat lima strategi yang UPTD THP Kenjeran lakukan selaku pengelola meliputi: 1) Pembaharuan Fasilitas Penunjang, 2) Pemberlakuan Peraturan dan Legalitas Terhadap Pelaku UMKM, 3) Penambahan Atraksi Wisata, 4) Pelestarian dan Penjagaan Sumber Daya, dan 5) Kolaborasi Media Promosi. Lima strategi tersebut telah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar pengelolaan pariwisata. Secara garis besar, dalam pelaksanaan strategi tersebut mengalami dua kendala yaitu ketidakselarasan antara alur dan praktik serta persaingan yang terjadi antar pelaku UMKM. Sumber Daya Manusia yang terbatas baik dari segi kualitas dari pelaku UMKM dan kuantitas pihak pengelola menjadi penyebab terjadinya kendala dari pelaksanaan lima strategi tersebut.

English Abstract

Kenjeran Beach Theme Park (THP) is a recreational area situated in the eastern part of Surabaya City and in 2022 received a priority program as the city's economic recovery during the Covid-19 pandemic, especially in the tourism sector. THP Kenjeran houses 197 players located into nine blocks according to their respective product categories. Managing as many as 197 players requires certain strategies so that THP Kenjeran Tourism remains viable, because THP Kenjeran's main tourism product is MSMEs with their typical coastal products. This study aims to find out and analyze the strategies and constraints of THP Kenjeran in managing MSMEs as tourism products. This research is descriptive research with a qualitative approach. Data were obtained through observation, interviews, and documentation. The method in analyzing data adopts the interactive model by Miles and Huberman. The validity of the data in this study is examined source triangulation. The results of this study finds five strategies that THP Kenjeran carries out as the manager including: 1) Renewal of Supporting Facilities, 2) Enforcement of Regulations and Legality to MSME Actors, 3) Addition of Tourism Attractions, 4) Preservation of Resources, and 5) Collaboration Promotional Media. Such five strategies are in accordance with the basic principles of tourism management. This study underlines that, the implementation of the strategy experienced two obstacles, namely misalignment between flows and practices and competition that occurred between MSME actors. Limited Human Resources both in terms of the quality of MSME actors and the quantity of managers are the cause of obstacles in implementing the five strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030548
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:56
Last Modified: 12 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208053
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Enny Lisdayanti Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item