Pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Romokalisari Adventure Land (Survei pada Pengunjung Romokalisari Adventure Land).

Rahmawati, Enjelina Pramesti Madu and Dr. Sunarti, S.Sos., MAB and Sukmawati Nur Salamah, S.S., M.Sc. (2023) Pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Romokalisari Adventure Land (Survei pada Pengunjung Romokalisari Adventure Land). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan kompetitif antar destinasi wisata di Kota Surabaya menjadi tantangan bagi pengelola destinasi untuk membuat masyarakat tetap mengunjungi destinasinya dan memenangkan persaingan tersebut. Memorable Tourism Experience adalah pengalaman wisata yang membuat pengunjung terkesan dan mengingat terus pengalaman tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Niat Berkunjung Kembali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner yang disebarkan kepada 115 pengunjung Romokalisari Adventure Land yang berusia di atas 18 tahun sebagai data data primer. Hasil analisis regresi sederhana menggunakan IBM SPSS Statistics 29 Berdasarkan persamaan tersebut dapat diartikan bahwa Memorable Tourism Experience memberikan pengaruh terhadap Niat Berkunjung Kembali sebesar 0,530 (53%). Berdasarkan hasil uji t, nilai hitung sebesar 31,430 dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini adalah Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Romokalisari Adventure Land. Kesimpulannya adalah Memorable Tourism Experience yang dimiliki pengujung membuat mereka memiliki niat untuk berkunjung kembali ke Romokalisari Adventure Land.

English Abstract

Competitive competition among tourist destinations in Kota Surabaya. Thus, a challenge for destination managers to keep people to visit their destination and win the competition. Memorable Tourism Experience is a tourist experience that impresses and keeps them remembering that experience. The purpose of this research is to determine the impact of Memorable Tourism Experiences on Revisit Intentions. This is a quantitative research, with questionnaires distributed to 115 of Romokalisari Adventure Land’s visitors over the age of 18 as primary data. The results of a simple regression analysis using IBM SPSS Statistics 29 Based on the equation, it can be interpreted that Memorable Tourism Experience has an influence on Revisit Intention of 0,530 (53%). Based on the results of the t test, the t value is 31,430 and Ha is accepted. According to the findings of this research, Memorable Tourism Experience has a significant impact on Revisit Intention to Romokalisari Adventure Land. The finding of this study is the visitors want to revisit Romokalisari Adventure Land because of their memorable tourism experience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030547
Uncontrolled Keywords: Memorable Tourism Experience,Niat Berkunjung Kembali,Sport Tourism,v
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:25
Last Modified: 11 Jan 2024 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208052
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Enjelina Pramesti Madu Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item