Rasmawati, Elsye and Dr. Imam Hanafi, M.Si., MS and Suhartono Winoto, S.AP, M.AP (2023) Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Sekolah Dasar Negeri 1 Selorejo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di berbagai negara, yang mendasari pemerintah Indonesia untuk menerapkan peraturan social distancing. Tujuannya untuk meminimalisir aktivitas masyarakat di luar dan diganti dengan aktivitas secara online. Hal tersebut juga berlaku di bidang pendidikan, sehingga pemerintah memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh, agar pelayanan pendidikan tetap berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Pandemi Covid-19 dan mendeskripsikan hambatan-hambatan yang ditemui dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis yang digunakan model interaktif oleh Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian evaluasi kebijakan ditemukan permasalahan baik dari siswa, guru maupun wali murid. Banyak permasalahan yang muncul, antara lain tidak semua siswa memiliki handphone, kuota yang terbatas, koneksi internet yang kurang baik dan kondisi ekonomi keluarga yang kurang baik. Oleh karena itu, seharusnya perlu adanya pengawasan dan pemantauan secara berkala untuk mengetahui kondisi kinerja guru dalam memberikan pengajaran dalam masa pandemi agar siswa dapat menerima ilmu pengetahuan yang sama di masa normal.
English Abstract
This research is motivated by the Covid-19 pandemic that has occurred in various countries, which underlies the Indonesian government to implement social distancing regulations. The goal is to minimize community activities outside and be replaced with online activities. This also applies in the field of education, so that the government implements a distance learning system, so that educational services continue. The purpose of this study is to describe the Evaluation Policy for Implementing Learning from Home during the Covid-19 Pandemic Period and to describe the obstacles encountered and how to overcome them. This research uses a type of qualitative research with a descriptive approach. The analytical method used is the interactive model by Miles Huberman and Saldana which consists of presenting data, reducing data, and drawing conclusions. From the results of the policy evaluation research found problems from both students, teachers and guardians of students. Many problems arise, including not all students have cell phones, limited quota, poor internet connection, and poor family economic conditions. Therefore, there should be periodic supervision and monitoring to find out the condition of the teacher's performance in providing teaching during a pandemic so that students can receive the same knowledge in normal times.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030544 |
Uncontrolled Keywords: | Belajar Dari Rumah,Covid-19,Evaluasi Kebijakan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:24 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208049 |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ELSYE RASMAWATI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |