Pengaruh makroekonomi dan leverage terhadap profitabilitas (Studi Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Indrianingtyas, Elisa Febri and Sri Sulasmiyati, S.Sos., M.AP (2023) Pengaruh makroekonomi dan leverage terhadap profitabilitas (Studi Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makroekonomi dan leverage berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap profitabilitas perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inflasi (X1), Suku Bunga Bank Indonesia (X2) dan Debt to Equity Ratio (X3) sebagai variabel independen dan Return on Equity (Y) sebagai variabel dependen. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data panel dan jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Populasi yang digunakan adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021 sebanyak 45 perusahaan. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 27 perusahaan yang dipilih berdasarkan kriteria sampel yang ditetapkan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah Inflasi, Suku Bunga Bank Indonesia, dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE). Secara parsial variabel Inflasi berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) sedangkan Suku Bunga Bank Indonesia dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE).

English Abstract

This research aims determine how to macroeconomic and leverage simultaneously and partially influence to firm’s profitability. The variable used in this study are the Inflation (X1), Bank Indonesia Interest Rate (X2), and Debt to Equity Ratio (X3) as independent variables and Return on Equity (Y) as the dependent variable. The data used are secondary data from the financial statement of LQ45 in Indonesia Stock Exchange (IDX) in year 2019-2021. The analytical method that was used in this study is panel data regression and the type of research used is explanatory research. The population used is LQ45 companies listed in the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021 with 45 companies. The sample used was as many as 27 companies selected based on the sample criteria set using purposive sampling. The result of this study indicates that Inflation, Bank Indonesia Interest Rate, and Debt to Equity Ratio simultaneously affecting Return on Equity. Partially, Inflation variable has a significant effect on Return on Equity (ROE) while Bank Indonesia Interest Rate and Debt to Equity Ratio do not have a significant effect to Return on Equity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030540
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER),Inflasi,Return on Equity (ROE),Suku Bunga Bank Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:24
Last Modified: 11 Jan 2024 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208044
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Elisa Febri Indrianingtyas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item