Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Content Marketing di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sebelasduabelaskopi di Kota Malang.

Farsyanida Ramadina Bungkundapu, Nabila and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP. and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA. (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Content Marketing di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sebelasduabelaskopi di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kedai kopi merupakan salah satu kategori bisnis di bidang industri makanan dan minuman yang terus mengalami pertumbuhan di Kota Malang. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat potensi yang besar bagi pemilik usaha kedai kopi di Kota Malang untuk mengembangkan bisnisnya, tetapi juga diikuti dengan ancaman persaingan yang tinggi antar sesama pelaku usaha. Usaha kedai kopi yang semakin banyak bermunculan dapat menyebabkan seorang konsumen memiliki berbagai faktor pertimbangan untuk membeli suatu produk. Sebelasduabelaskopi merupakan salah satu kedai kopi yang memiliki potensi yang besar untuk berkembang dengan keunggulan yang dimilikinya. Namun, Sebelasduabelaskopi masih mengalami kendala yaitu penurunan angka penjualan pada tahun 2022. Pemanfaatan kegiatan pemasaran di media sosial menjadi peluang bagi Sebelasduabelaskopi untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini dikarenakan konsumen menggunakan media sosial untuk mencari informasi tentang hal yang mereka butuhkan tetapi kegiatan pemasaran di media sosial Instagram Sebelasduabelaskopi juga kurang efektif. Electronic word of mouth dan content marketing merupakan bentuk kegiatan pemasaran di media sosial yang dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan content marketing terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Sebelasduabelaskopi pada bulan Februari hingga Maret 2023.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 68 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan alat analisis SmartPLS 4. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin baik kualitas informasi dari ulasan mengenai Sebelasduabelaskopi di Instagram, maka dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini juga menemukan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin baik kualitas konten yang diunggah oleh Instagram Sebelasduabelaskopi, maka dapat menciptakan ketertarikan konsumen untuk melakukan pembelian. Saran yang diberikan kepada Sebelasduabelaskopi ialah menciptakan konten yang bermanfaat bagi konsumen serta memanfaatkan food blogger dalam menyebarkan informasi yang detail mengenai produknya. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan penelitian pada topik yang sama dengan menambahkan berbagai variabel lain yang belum dibahas dalam penelitian ini.

English Abstract

Coffee shop is one of the food and beverages business categories that continue to experience growth in Malang City. This indicates that there is a great potential for coffee shop business owners in Malang City to develop their business, but it is also followed by increased competition among similar businesses. The increasingly emerging coffee shop business can cause a consumer to have various consideration factors for buying a product. Sebelasduabelaskopi is one of the coffee shop that have great potential to grow. However, Sebelasduabelaskopi experienced a sales figures decrease in 2022. This problems occurred due to ineffective marketing through social media. Therefore, the utilization of marketing through social media becomes an opportunity for Sebelasduabelaskopi to overcome this problem. That is because consumers use social media to search for information about something they need but Sebelasduabelaskopi also experience the ineffective marketing through social media. Electronic word of mouth and content marketing are part of digital marketing through social media that can influence consumers purchase decision. This study aims to analyze the effect of electronic word of mouth and content marketing on purchasing decisions. This research was conducted at Sebelasduabelaskopi from February to March 2023. This research uses a quantitative approach. The sampling method used was judgment sampling with 68 respondents. The data analysis method that this research used in this research is SEM-PLS with the SmartPLS4 analysis tool. Based on the research, it is found that electronic word of mouth has a positive and significant effect on purchasing decisions. This shows that the better quality of consumer reviews about Sebelasduabelaskopi on Instagram, the more convinced consumers will be to make a purchase. This research also found that content marketing has a positive and significant effect on purchasing decisions. This shows that the better quality of the content uploaded by Sebelasduabelaskopi on Instagram, the more interested consumers to make a purchase. Suggestion for Sebelasduabelaskopi is to create a useful content for the customer and utilize food blogger for disseminating detailed information about their products. Suggestion for further research is to conduct research on the same topic by adding other variables that have not been discussed in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:03
Last Modified: 11 Jan 2024 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/208004
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabila Farsyanida Ramadina Bungkundapu.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item