Pengaruh Persepsi Citra Merek, Risiko dan Kualitas Terhadap Keputusan Petani Dalam Pembelian Produk Pestisida Kimia (Survei Kasus Pada Petani Sayur Di Desa Ngebruk, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang).

Athari Furyan., Sherani and Bayu Adi Kusuma,, SP., MBA and Medea Rahmadhani Utomo,, SP., M.Si (2023) Pengaruh Persepsi Citra Merek, Risiko dan Kualitas Terhadap Keputusan Petani Dalam Pembelian Produk Pestisida Kimia (Survei Kasus Pada Petani Sayur Di Desa Ngebruk, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RINGKASAN Sherani Athari Furyan. 195040107111048. Pengaruh Persepsi Citra Merek, Risiko dan Kualitas Terhadap Keputusan Petani Dalam Pembelian Produk Pestisida Kimia (Survei Kasus Pada Petani Sayur Di Desa Ngebruk, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang). Dibimbing oleh Bayu Adi Kusuma, SP., MBA sebagai Pembimbing I dan Medea Rahmadhani Utomo, SP., M.Si sebagai Pembimbing II Hama menjadi faktor pembatas dalam pengembangan hortikultura di Indonesia karena menyebabkan kehilangan hasil panen secara keseluruhan pada berbagai tanaman dan dapat meningkat dari tahun ke tahun karena perubahan iklim (Deutsch et al., 2018). Dengan demikian, insektisida telah diadopsi oleh petani karena kepraktisan dan hasil yang efisien untuk menekan dan mengendalikan hama. Berdasarkan data dari Direktorat Pupuk dan Pestisida dan Direktorat Sarana dan Prasarana (2021), telah terdaftar 1059 merek insektisida di Indonesia yang terdiri dari 80 bahan aktif berbeda untuk 67 tanaman. Petani membeli pestisida karena kesan positif terhadap khasiatnya meskipun mungkin tidak memberikan manfaat positif bagi lingkungan (Sahu, 2014). Oleh karena itu, penilitan ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh persepsi citra merek terhadap persepsi kualitas, 2) Mengetahui pengaruh persepsi risiko terhadap persepsi kualitas, 3) Mengetahui pengaruh persepsi citra merek terhadap keputusan pembelian, 4) Mengetahui pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian, dan 5) Mengetahui pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan kepada petani sayur di Desa Ngebruk, Kecamatan Poncokusumo, Malang. Penelitian ini merupakan penelitian. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden adalah petani sayur di Desa Ngebruk, memiliki lahan pertanian yang dibudidayakan, dan menggunakan insektisida dalam budidaya. Sampel penelitian ini menggunakan rumus Cochran dan didapatkan total responden yaitu sebesar 100 petani. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). i Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi citra merek memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap persepsi kualitas produk pestisida kimia, dengan analisis statistik menunjukkan nilai p-value (0,033 < 0,05) dan koefisien original sample (0,250). Kemudian, pada penelitian ini juga menunjukkan persepsi risiko memiliki pengaruh yang sangat signifikan dan positif terhadap persepsi kualitas produk pestisida kimia, dengan analisis statistik menunjukkan nilai p-value (0,009 < 0,01) dan koefisien original sample (0,269). Selain itu, penelitian ini juga mengindikasikan adanya pengaruh yang sangat signifikan dan positif antara persepsi citra merek terhadap keputusan pembelian produk pestisida kimia, dengan analisis statistik menunjukkan nilai p-value (0,005 < 0,01) dan koefisien original sample (0,311). Serta menunjukkan adanya pengaruh yang sangat signifikan dan positif antara persepsi risiko terhadap keputusan pembelian produk pestisida kimia, dengan analisis statistik menunjukkan nilai p-value sebesar (0,011 < 0,01) dan koefisien original sample (0,247). Selanjutnya, temuan penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi kualitas produk pestisida kimia dengan keputusan pembelian, dengan analisis statistik menunjukkan nilai p- value yang signifikan (0,025 < 0,05) dan koefisien original sample yang relevan (0,241).

English Abstract

SUMMARY Sherani Athari Furyan. 195040107111048. The Influence of Perceived Brand Image, Risk and Quality on Farmers Decisions at Purchasing Chemical Pesticides Products (Case Survey on Vegetable Farmers in Ngebruk Village, Poncokusumo District, Malang Regency). Supervised by Bayu Adi Kusuma, SP., MBA as Advisor I and Medea Rahmadhani Utomo, SP., M.Si as Advisor II Pests are a limiting factor in horticulture development in Indonesia because they cause overall yield loss in various crops and can increase from year to year due to climate change (Deutsch et al., 2018). Thus, insecticides have been adopted by farmers due to their practicality and efficient results to suppress and control pests. Based on data from the Directorate of Fertilizers and Pesticides and the Directorate of Facilities and Infrastructure (2021), 1059 insecticide brands have been registered in Indonesia, consisting of 80 different active ingredients for 67 plants. Farmers buy pesticides because of the positive impression of their efficacy even though they may not provide positive benefits for the environment (Sahu, 2014). Therefore, this research was conducted with the aim of: 1) Knowing the effect of perceived brand image on perceived quality, 2) Knowing the effect of perceived risk on perceived quality, 3) Knowing the effect of perceived brand image on purchasing decisions, 4) Knowing the effect of perceived risk on purchasing decisions, and 5) Knowing the effect of perceived quality on purchasing decisions. This research was conducted on vegetable farmers in Ngebruk Village, Poncokusumo District, Malang. This research is research. The sampling technique in this study used a non-probability sampling method with a purposive sampling technique, with the respondent criteria being vegetable farmers in Ngebruk Village, who have cultivated agricultural land, and use insecticides in cultivation. The research sample used the Cochran formula and obtained a total of 100 farmers. The data analysis used is Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Square (PLS) approach. The results showed that perceived brand image had a significant and positive effect on perceived quality of chemical pesticide products, with statistical analysis showing a p-value (0.033 <0.05) and an original sample coefficient (0.250). Then, in this study also showed that the perception of risk has a very significant and positive iii influence on the perceived quality of chemical pesticide products, with statistical analysis showing a p-value (0.009 <0.01) and the original sample coefficient (0.269). In addition, this study also indicates that there is a very significant and positive influence between brand image perceptions on purchasing decisions of chemical pesticide products, with statistical analysis showing p-value (0.005 <0.01) and original sample coefficient (0.311). As well as showing that there is a very significant and positive influence between perceived risk on purchasing decisions of chemical pesticide products, with statistical analysis showing a p-value of (0.011 <0.01) and an original sample coefficient (0.247). Furthermore, the findings of this study also show that there is a significant and positive influence between the perceived quality of chemical pesticide products and purchasing decisions, with statistical analysis showing a significant p-value (0.025 <0.05) and the relevant original sample coefficient (0.241).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:01
Last Modified: 11 Jan 2024 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207962
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sherani Athari Furyan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item