Analisis Kesesuaian Buku Bahasa Jepang “Daichi 1-2” Sebagai Buku Ajar Kelas XI IBB SMAN 5 Malang dengan Kurikulum Merdeka.

Syahfitri, Dewi and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd (2023) Analisis Kesesuaian Buku Bahasa Jepang “Daichi 1-2” Sebagai Buku Ajar Kelas XI IBB SMAN 5 Malang dengan Kurikulum Merdeka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Bahan ajar dapat berupa buku fisik seperti buku ajar yang digunakan guru maupun siswa untuk mendukung proses pembelajaran. Pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 5 Malang menggunakan buku Daichi yang masih jarang dijumpai dalam pembelajaran di sekolah. Dengan berlakunya kurikulum merdeka yang mulai diterapkan di Indonesia menjadi pernyataan apakah buku Daichi masih sesuai dengan kurikulum baru yang berlaku. Sesuai dengan apa yang diuraikan, tujuan pada penelitian ini adalah menguji kesesuaian buku Daichi 1-2 dengan kurikulum merdeka dan mendeskripsikan kesesuaian skill-skill pada materi dari buku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah buku Daichi 1 dan 2 itu sendiri dengan buku Marugoto sebagai sumber data sekunder. Analisis dilakukan dengan menggunakan standard A2 bagian awal JF karena kurikulum merdeka menggunakan standar A2-1 JF untuk bahasa Jepang. Analisis menunjukkan bahwa buku Daichi 1 mempunyai kesesuaian 41,77% pada goi dan 56% pada bunpou. Selanjutnya, pada buku Daichi 2 mempunyai kesesuaian 55,8% pada goi dan 91% pada bunpou. Materi pada buku Daichi 1 sudah sesuai dengan skill-skill yang ada pada JF Standard yaitu skill memahami yang mencakup menyimak dan membaca, dan skill berbicara yang mencakup interaksi dan ungkapan. Pada skill menulis buku Daichi 1 mempunyai hasil kurang sesuai karena pada poin pertama skill menulis tidak terpenuhi, yang dapat dilengkapi dengan buku Daichi 2 yang sudah sesuai dengan skill menulisnya.

Other obstract

教材は、学習プロセスの重要な一部である。教材は、学習プロセスをサポートするために教師や生徒が使用する教科書のような物理的な書籍であることがあります。SMAN 5 Malangの日本語学習では、学校の学習ではまだあまり見かけない「大地」の本を使用しています。インドネシアで実施され始めたムルデカカリキュラムの施行に伴い、大地の本がまだ施行された新しいカリキュラムに合致しているかどうかが問われるようになりました。本研究の目的は、このような記述に基づき、ムルデカカリキュラムにDaichi 1-2が適合しているかどうかを調べ、同書の教材に含まれるスキルの適合性を記述することである。 この研究では、記述的アプローチによる定性的方法を使用します。 使用したデータ ソースは大地 1 と 2 の書籍そのものであり、副データ ソースとして『まるごと』の書籍が使用されました。 ムルデカカリキュラムでは日本語についてはJF A2-1標準が使用されていたため、JF A2‐1を使用して分析が行われました。 分析の結果、日本語の本『大地』 1 のゴイ適性は 41.77%、ブンポウ適性は 56% であることがわかりました。 次に、『大地』2 本の類似性はゴイで 55.8%、ブンポウで 91% です。 『大地』1 の本の内容は、JF スタンダードのスキル、つまりリスニングとリーディングを含む理解スキルと、対話と表現を含むスピーキングスキルに準拠しています。 『大地』1の本の文章力は、点1で文章力が満たされていないため、結果が適切ではありませんが、文章力に見合った大地2の本で補うことができます。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian Buku, Daichi 1-2, Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:34
Last Modified: 11 Jan 2024 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207902
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dewi Syahfitri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item