AQILA PRAMESWARI, SYERA and Hery Toiba, SP., MP and Dr. Dwi Retno Andrian, SP., MP (2023) Preferensi Dan Kesediaan Membayar Konsumen Terhadap Produk Mi Shirataki Di Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumen dalam pemilihan jenis produk makanan dapat dipengaruhi oleh gaya hidup sehat, terutama dalam hal menafsirkan informasi nutrisi yang tertera pada label produk. Hal ini dikarenakan adanya masalah kesehatan yang perlu dicegah dan diobati, salah satunya adalah obesitas. Obesitas menjadi masalah kesehatan karena tingkat konsumsi yang lebih tinggi dari kebutuhan gizi dan tren konsumsi makanan cepat saji di Indonesia yang mencapai 21,8% untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas (Karisa et al., 2022). Tuntutan untuk memperhatikan kondisi kesehatan disamping mobilitas yang tinggi menyebabkan konsumen memerlukan produk makanan yang praktis namun tetap memiliki kandungan nutrisi yang baik. Mi Shirataki hadir sebagai alternatif produk mi instant konvensional, berbahan dasar dari umbi porang menyebabkan produk ini tergolong dari produk pangan fungsional. Keberadaan produk yang masih baru dipasaran menyebabkan produsen harus melakukan perluasan pasar, didukung dengan prospek perkembangan produk dan sejalan dengan kepedulian kesehatan yang semakin meningkat pada masyarakat. Pilihan konsumen masih dipengaruhi oleh informasi dan atribut yang tertera pada produk. Oleh karena itu, jika pelanggan dapat memilih atribut produk yang sesuai dengan keinginan mereka, preferensi konsumen akan dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen, kepentingan atribut dan kesediaan membayar menggunakaan pendekatan choice experiment dan dianalisis menggunakan Multinomial Logit pada 240 responden yang memiliki niatan untuk mengonsumsi mi shirataki di Jawa Timur, dengan melibatkan atribut intrinsic (kandungan kalori, serat, bahan tambahan pangan) dan atribut ekstrinsik (merek dan harga) Hasil analisis pada 240 responden dengan 157 responden telah mengonsumsi dan 83 responden belum mengonsumsi didapatkan bahwa hasil preferensi konsumen dan kesediaan membayar yang lebih tinggi pada kedua tipe responden menunjukkan nilai yang positif dan signifikan pada atribut atribut rendah kalori, tinggi serat, dan penggunaan bahan tambahan pangan alami, serta lebih menyukai pada range harga terendah (Rp 10.000). Sedangkan pada atribut merek responden yang belum mengonsumsi lebih menyukai merek Tropicana Slim Shirataki Noodle dan pada responden yang telah mengonsumsi lebih menyukai merek Ashitaki. Kesediaan membayar pada responden yang belum mengonsumsi menunjukkan nilai yang negative artinya responden bersedia membayar lebih rendah pada merek Ashitaki dan FitMee, serta sebaliknya pada responden yang telah mengonsumsi. Responden yang telah mengonsumsi lebih memilih atribut bahan tambahan pangan sebagai kepentingan atribut yang dipertimbangkan responden dibandingkan dengan atribut lainnya, sedangkan responden yang belum mengonsumsi lebih memilih harga sebagai pertimbangan pertama. Preferensi konsumen yang tinggi pada atribut terkait dapat mengindikasikan kepeduliannya pada kesehatan dan kepedulian terkait keamanan pangan, sedangkan pada atribut merek responden memilih berdasarkan keakraban terhadap merek.
English Abstract
Consumers in choosing types of food products can be influenced by a healthy lifestyle, especially in terms of interpreting nutritional information listed on product labels. This is because there are health problems that need to be prevented and treated, one of which is obesity. Obesity is a health problem caused by consumption levels that are higher than nutritional needs and the trend of fast food consumption in Indonesia which reached 21.8% for ages 18 years and over (Karisa et al., 2022). The demand to pay attention to health conditions in addition to high mobility causes consumers to need food products that are practical but still have good nutritional content. Shirataki noodles come as an alternative to conventional instant noodle products, made from porang tubers causing this product to be classified as a functional food product. The existence of products that are still new in the market causes producers to expand the market, supported by product development prospects and in line with increasing health concerns in the community. Consumer choice is still influenced by the information and attributes listed on the product. Therefore, if customers can choose product attributes that match their desires, consumer preferences will be understood. This study aims to analyze consumer preferences, attribute importance and willingness to pay using a choice experiment approach and analyzed using Multinomial Logit on 240 respondents who have the intention to consume shirataki noodles in East Java, involving intrinsic attributes (calorie content, fiber, food additives) and extrinsic attributes (brand and price). The results of the analysis on 240 respondents with 157 respondents who have consumed and 83 respondents who have not consumed found that the results of consumer preferences and higher willingness to pay in both types of respondents show positive and significant values on the attributes of low calories, high fiber, and the use of natural food additives, and prefer the lowest price range (IDR 10,000). Whereas on brand attributes, respondents who have not consumed prefer the Tropicana Slim Shirataki Noodle brand and respondents who have consumed prefer the Ashitaki brand. Willingness to pay for respondents who have not consumed shows a negative value, meaning that respondents are willing to pay less for the Ashitaki and FitMee brands, and vice versa for respondents who have consumed. Respondents who have consumed prefer the attribute of food additives as the importance of attributes that respondents consider compared to other attributes, while respondents who have not consumed prefer price as the first consideration. Consumers' high preference on related attributes may indicate their concern for health and concern related to food safety, while on brand attributes respondents choose based on familiarity with the brand.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 02:12 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 02:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207825 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SYERA AQILA PRAMESWARI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |