Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Susu (Studi Kasus pada Kafe “Susu Ketan Pak Yan” Malang Raya)

Banjarnahor, Tota Berlianta and Dr. Ir. Hari Dwi Utami, MS., M.Appl.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (2023) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Susu (Studi Kasus pada Kafe “Susu Ketan Pak Yan” Malang Raya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu merupakan pangan yang berasal dari ternak yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang dimana gizi proteinnya lebih tinggi daripada protein nabati. Peningkatan produksi susu di Indonesia juga seimbang dengan meningkatnya konsumsi susu. Konsumsi susu serta olahannya berperan dalam hal meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia yang harus ditingkatkan. Oleh karena itu, peran industri pengolahan susu di Indonesia sangat penting dalam hal menyediakan dan mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Salah satu bentuk pengolahan susu adalah UMKM seperti warung susu yang bermitra dengan peternak susu. Hal ini merupakan peluang bisnis yang bagus untuk mengolah susu dengan berbagai varian produk olahan minuman yang berbahan dasar susu hingga menciptakan rasa yang berbeda-beda atau bervarian. Salah Susu merupakan pangan yang berasal dari ternak yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang dimana gizi proteinnya lebih tinggi daripada protein nabati. Peningkatan produksi susu di Indonesia juga seimbang dengan meningkatnya konsumsi susu. Konsumsi susu serta olahannya berperan dalam hal meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia yang harus ditingkatkan. Oleh karena itu, peran industri pengolahan susu di Indonesia sangat penting dalam hal menyediakan dan mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Salah satu bentuk pengolahan susu adalah UMKM seperti warung susu yang bermitra dengan peternak susu. Hal ini merupakan peluang bisnis yang bagus untuk mengolah susu dengan berbagai varian produk olahan minuman yang berbahan dasar susu hingga menciptakan rasa yang berbeda-beda atau bervarian. Salah Susu merupakan pangan yang berasal dari ternak yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang dimana gizi proteinnya lebih tinggi daripada protein nabati. Peningkatan produksi susu di Indonesia juga seimbang dengan meningkatnya konsumsi susu. Konsumsi susu serta olahannya berperan dalam hal meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia yang harus ditingkatkan. Oleh karena itu, peran industri pengolahan susu di Indonesia sangat penting dalam hal menyediakan dan mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Salah satu bentuk pengolahan susu adalah UMKM seperti warung susu yang bermitra dengan peternak susu. Hal ini merupakan peluang bisnis yang bagus untuk mengolah susu dengan berbagai varian produk olahan minuman yang berbahan dasar susu hingga menciptakan rasa yang berbeda-beda atau bervarian. Salah satu usaha di bidang kuliner yang memanfaatkan produk susu adalah warung susu di Malang. Ketatnya persaingan pada bidang kuliner mendorong produsen dalam bisnis ini memiliki stategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan merupakan poin penting untuk mendapat keputusan loyalitas oleh konsumen. Oleh sebab itu perlunya strategi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas supaya mampu bersaing dalam perusahaan jasa. Kafe menjadi salah satu bentuk distribusi olahan susu dengan bentuk usaha yang mengedepankan konsep, teste dan pelayanan. Desain sederhana dengan menggunakan meja dan bangku kayu panjang seperti di warung makan biasa. Kafe juga menjadi wadah bagi beberapa orang untuk mengeratkan relasi petemanan dan memanfaatkan quality time pilihan konsumen, kafe dengan 24 jam buka setiap harinya menjadi peluang peneliti untuk memperoleh responden yang mencukupi dan rata-rata di penuhi oleh anak muda. Sering juga wisatawan dan mahasiswa asing datang ke tempat ini, menu yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari susu, kopi, teh hingga makanan ringan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami harapan konsumen dengan strategi pelayanan pada produsen, menganalisis tingkat kepusaan pelayanan dan atribut-atribut kulitas layanan yang harus di terapkan dan dioptimalkan di Kafe Susu Ketan Pak Yan. Penelitian dilakukan di Kafe Susu Ketan Pak Yan Malang Raya yang tepat Jl. Diponegoro No.84B, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur berada kurang lebih selama satu bulan yaitu dimulai tanggal 1 Oktober 2022 sampai 1 November 2022 dengan sejumlah 112 responden yaitu pelanggan pada Susu Ketan Pak Yan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode menyebabkan kuisioner secara online dengan teknik sensus yaitu semua populasi digunakan sebagai sampel. Data diolah menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance and perfomance Analysis (IPA) dengan menggunakan Microsoft Excel 2019 dan SPSS version 20. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan penyebaran kusioner terhadap pelanggan Susu Ketan Pak Yan dengan jumlah responden 112 orang (responden). Perolehan data di dipenuhi dengan data primer yang diukur dengan skala sikap yaitu menggunakan skala likert dan data sekunder memalui literatur atau perpustakaan. Terdapat dua varibel yang mewakili hasil responden yaitu variabel bebas sebagai kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan varibael terikat sebagai X atau atribut-atribut pada kuesioner yang di sebar. Sehingga untuk analisis data yang di pakai adalah uji validasi dan uji reliabilitas Hasil penelitian ini berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan IPA (Importance Performance Analisys) untuk semua atribut yang di pakai yaitu service quality Tangible (bukti fisik), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati) menggunakan uji validasi dan reliabilitas maka di peroleh hasil yang sudah valid dan reliabel sehingga data dapat digunakan lebih lanjut dan memiliki nilai yang sudah sesuai ketentuan pada koefisien alpha cronbach dengan tingkat reliabel yang cukup tinggi. Demikian dapat dinyatakan bahwa setiap atribut pada keempat variabel sudah sangat reliabel. Adapun pada metode IPA sendiri yang mebuktikan beberapa atribut yang perlu di optimalkan sesuai pada hasil diagram kartesius pada kuadran I. Untuk uji analisi data CSI atau sebagai bukti tingkat kepuasan konsumen melalui tahapan MIS (Mean Importance Score), MSS (Mean Statisfaction Score) MF (Wight Factor), WS (Weight Scrore),WT (Weight Total) dan terakhir CSI (Customer Statisfaction Indeks). Berdasarkan penentuan penilain pada nilai CSI hasil analisis membuktikan nilai yang di peroleh sudah sesuai yaitu tergolong sangat puas. Kesimpulan penelitian ini adalah Kafe Susu Ketan Pak Yan didominasi oleh konsumen dengan jenis kelamin perempuan berusia 20 tahun yang berstatus mahasiswa dan pendapatan 1 juta. Adapun alasan konsumen memilih susu pada kafe ini adalah kebiasaan atau sudah sering dan jenis olahan susu yang dipilih adalah susu coklat, untuk kualitas layanan yang perlu di prioritaskan adalah bentuk fisik pada tampilan produk agar terlihat menarik sehingga dapat menggugah selera untuk membeli, responsiveness atau daya Tangkap dalam hal menangani keluhan konsumen baik serta proses transaksi di Kafe “Susu Ketan Pak Yan” mudah, aman dan dapat dilakukan dengan beberapa metode.

English Abstract

This research was conducted at an UMKM that uses milk as its basic ingredient. This study aims to to examine (i) consumers characteristics, (ii).Consumer satisfaction towards service quality in the Kafe Susu Ketan Pak Yan, and (iii) the strategy service quality provided by this Kafe. Nonprobability sampling method was applied to select 112 consumers. Data collection used online survey using google form. The data will be analyzed using the Importance Performance Analysis (IPA) method and the customer satisfaction index (CSI) using Microsoft Excel 2010. Results found that consumers were represented by female students aged 20 years old with monthly income more than IDR 1,000,000. Consumers had satisfaction more towards service quality offered by this Kafe. Their satisfaction was based on the highest accurately in service, readiness in responding consumers, and the more attention related to consumer needs in the Kafe Susu Ketan Pak Yan. The part that must be considered is on some direct evidence in terms of product appearance and comprehension such as the ability to handle consumer complaints and an even better transaction process

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: hasil diagram kartesius pada kuadran I. Untuk uji analisi data CSI atau sebagai bukti tingkat kepuasan konsumen melalui tahapan MIS (Mean Importance Score), MSS (Mean Statisfaction Score) MF (Wight Factor), WS (Weight Scrore),WT (Weight Total) dan terakhir CSI (Customer Statisfaction Indeks). Berdasarkan penentuan penilain pada nilai CSI hasil analisis membuktikan nilai yang di peroleh sudah sesuai yaitu tergolong sangat puas. Kesimpulan penelitian ini adalah Kafe Susu Ketan Pak Yan didominasi oleh konsumen dengan jenis kelamin perempuan berusia 20 tahun yang berstatus mahasiswa dan pendapatan 1 juta. Adapun alasan konsumen memilih susu pada kafe ini adalah kebiasaan atau sudah sering dan jenis olahan susu yang dipilih adalah susu coklat, untuk kualitas layanan yang perlu di prioritaskan adalah bentuk fisik pada tampilan produk agar terlihat menarik sehingga dapat menggugah selera untuk membeli, responsiveness atau daya Tangkap dalam hal menangani keluhan konsumen baik serta proses transaksi di Kafe “Susu Ketan Pak Yan” mudah, aman dan dapat dilakukan dengan beberapa metode.
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:06
Last Modified: 11 Jan 2024 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207821
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tota Berlianta Banjarnahor.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item