Improving Vocabulary Mastery by Using Word Up Application for EFL Students in Malang.

Ilmatuzzahra, Defia and Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, S.S., M.Pd. (2023) Improving Vocabulary Mastery by Using Word Up Application for EFL Students in Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris sangat penting bagi seseorang untuk menghadapi perubahan globalisasi yang telah terjadi dan akan terus berlangsung di masa mendatang. Salah satu elemen kunci dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seseorang adalah dalam kosakata bahasa Inggris. Meski mengetahui pentingnya kosa kata, banyak orang terlalu lambat untuk menghafalnya. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mempelajari kosakata adalah membuatnya benar-benar menghibur, menarik, dan dapat diulang sampai siswa menguasainya. Metode ini juga harus digunakan hingga siswa dapat melafalkan kosa kata yang dipelajarinya dengan intonasi yang sesuai dengan budaya bahasa yang dipelajarinya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Malang dengan menggunakan aplikasi “Word Up” sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Untuk penelitian ini, fokusnya adalah bagaimana menjadikan aplikasi “Word Up” sebagai media yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris, khususnya bagi siswa, serta pandangan pribadi peneliti tentang hal tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode PTK dan menghasilkan data kualitatif melalui wawancara sebagai instrumen penelitian dan data kuantitatif yang diperoleh dari tes sebagai instrumen penelitian untuk mendeskripsikan masalah yang diteliti secara jelas dan sistematis. Studi deskripsi tekstual digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan, kemudahan dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menggunakan aplikasi Word Up ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 11 kelas MIPA 1 SMAN 2 Malang menganggap aplikasi Word Up dapat diterima meskipun banyak yang merasa penjelasan maknanya harus lebih lengkap dan jelas. Menurut peneliti, ada keuntungan menggunakan aplikasi ini. Salah satu manfaatnya adalah memungkinkan siswa memilih kata tanpa menggunakan kamus. Manfaat lainnya adalah memungkinkan siswa untuk aktif berpikir kritis tentang kosa kata baru dan menambah pengetahuan kosa kata mereka. Fakta bahwa nilai siswa meningkat di semua tes menunjukkan bahwa keterampilan kosa kata mereka meningkat. Hasilnya, penggunaan Word Up sangat membantu siswa memperluas kosa kata mereka.

English Abstract

English is very important for someone to face the globalization changes that have occurred and will continue in the future. One of the key elements in improving one's English skills is in the English vocabulary. Despite knowing the importance of vocabulary, many people are too slow to memorize it. Therefore, one way to learn vocabulary is to make it really entertaining, engaging, and repeatable until students master it. This application must also be used until students can pronounce the vocabulary they are learning with intonation that is appropriate to the culture of the language they are learning. This research was conducted on students of class XI MIPA 1 at SMAN 2 Malang using the "Word Up" application as an instructional medium to improve English vocabulary mastery. For this study, the focus is on how to make the "Word Up" application an effective medium for improving English vocabulary mastery, especially for students, as well as the researcher's personal views on this matter. In this study using the CAR method and produce qualitative data through interviews as a research instrument and quantitative data obtained from the test as a research instrument to describe the problem under study clearly and systematically. Textual description studies are used because this study aims to find out the challenges, conveniences and difficulties faced by students in using this Word Up application. The results of the study show that grade 11 students from MIPA 1 class at SMAN 2 Malang consider the Word Up application acceptable although many feel that the explanation of the meaning should be more complete and clear. According to researcher, there are advantages to using this application. One benefit is that it allows students to choose words without using a dictionary. Another benefit is that it allows students to be active in thinking critically about new vocabulary and increasing their vocabulary knowledge. The fact that students' scores improved in all tests shows that their vocabulary skills improved. As a result, using Word Up really helped students expand their vocabulary.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: kosakata; media pembelajaran; aplikasi word up
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: maria
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:53
Last Modified: 11 Jan 2024 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207807
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Defia Nur Ilmatuzzahra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item