Implementasi Corporate Social Responsibility Oleh Pt Jatinom Indah Agri Di Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar

Pangentasan, Bima and Dr. Siti Azizah, S.Pt, M.Sos, M.Commun., (2023) Implementasi Corporate Social Responsibility Oleh Pt Jatinom Indah Agri Di Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan peternakan merupakan kegiatan usaha yang berkaitan dengan sumber daya alam, sehingga berdasarkan Pasal 74 UU No 40 Tahun 2007 perusahaan tersebut wajib melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan suatu konsep bahwa sebuah perusahaan harus memiliki tanggung jawab moral kepada konsumen, karyawan, pemegang saham, pemerintah, dan lingkungan dalam kegiatan operasionalnya. Perusahaan yang melaksanakan CSR dengan baik akan meningkatkan citra perusahaan sehingga perusahaan menjadi sustainable. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 Januari hingga 10 April 2020 di PT Jatinom Indah Agri (JIA) yang berlokasi di Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Perusahaan tersebut dipilih menjadi lokasi penelitian karena merupakan perusahaan peternakan yang pernah mendapatkan CSR Award dari pemerintah Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi CSR oleh PT Jatinom Indah Agri serta pengaruh implementasi CSR terhadap citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Convergent Mixed Method, data diambil dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Narasumber ditentukan dengan cara purposive dan snowball sampling yaitu dengan sengaja memilih narasumber yang dianggap menguasai permasalahan, memiliki data, dan bersedia memberikan informasi yaitu bagian personalia PT JIA, kepala kandang PT JIA, penduduk yang tinggal di sekitar kandang PT JIA, dan konsumen. Penentuan responden yang mengisi kuisoner dilakukan dengan purposive sampling, yaitu dengan memilih masyarakat yang tempat tinggalnya berada pada RT yang sama dengan perusahaan, sehingga mengetahui aktivitas sehari-hari perusahaan, selain itu juga ditentukan pengisi kuisoner juga berumur lebih dari 27 tahun, hal ini mempertimbangkan informan sudah cukup dewasa untuk memahami dan mengetahui kondisi perusahaan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sehingga populasi dalam penelitian ini adalah 65 orang dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan drajat kepercayaan 95% sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 56 orang. Data kualitatif yang didapatkan dibandingkan dengan teori triple bottom line yang disinergikan dengan ISO 26000 sedangkan data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT JIA telah melakukan perencanaan CSR yang selaras dengan tahapan awareness building, dan CSR assesment namun masih belum mengikuti tahapan CSR manual building. PT JIA mengimplementasikan sebagian besar pedoman ISO 26000, namun terdapat beberapa isu yang belum diimplementasikan seperti: mempromosikan tanggung jawab sosial dalam rantai nilai; access to essential services; uji tuntas hak asasi manusia; human rights risk situations; dialog sosial; akses dan pengembangan teknologi; adaptasi dan mitigasi perubahan iklim; perlindungan lingkungan, keanekaragaman hayati dan restorasi habitat alami. Monitoring dan evaluasi CSR dilakukan oleh setiap manajer yang selanjutnya dikordinasikan dengan bagian personalia, sedangkan untuk CSR yang sifatnya adalah filantropi akan diawasi langsung oleh staf personalia. PT JIA melaporkan kegiatan CSR secara rutin setiap tahunnya kepada pemerintahan Kabupaten Blitar melalui website E-CSR. Hasil persamaan regresi berganda Y = -1,026 + 0,164.X1 + 0,576.X2 + 0,691.X3 dengan koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,94 sehingga dapat disimpulkan bahwa 94% citra perusahaan dipengaruhi oleh implementasi CSR. Hasil F hitung yang didapatkan sebesar 270,99. F tabel (α = 0,05) adalah sebesar 2,779. Hal ini berarti bahwa F hitung > F tabel. Hasil uji t variabel profit (X1), people (X2), planet (X3) secara berurutan adalah sebesar 2,067; 6,407; dan 5,455. t tabel (α = 0,05) sebesar 2,006 sehingga semua variabel bebas memiliki nilai t hitung > t tabel. PT JIA telah mengimplementasikan triple bottom line yang disinergikan dengan ISO 26000, namun terdapat beberapa isu yang belum diimplementasikan. Berdasarkan hasil uji t, variabel profit (X1), people (X2), planet (X3) berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan secara parsial. Hasil uji F menunjukkan variabel profit (X1), people (X2), planet (X3) berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan secara simultan. Saran untuk penelitian ini adalah pihak PT Jatinom Indah Agri untuk melaksanakan isu-isu CSR yang belum diimplementasikan sehingga citra perusahaan dapat semakin meningkat.

English Abstract

The research aimed to determine the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) and the influence of CSR implementation to corporate image. The research was coducted from January 17th to April 1st 2020. The research method used was Convergent Mixed Method Design and data was collected by interviews and questionnaries. As to theory, this research was anchored in triple bottom line theory and ISO 26000 in order to approach the concepts of corporate social responsibility and corporate image. Informants were chosen by purposive and snowball sampling method. A total of 56 valid questionnaires were obtained, and this is the size of the sample. Quantitative data were tabulated and statistically analysed using multiple regression. The results showed that PT Jatinom Indah Agri has implemented most of the ISO 26000 guidelines, but there are several issues that are not implemented such as: promoting social responsibility in the value chain; access to essential services; due diligence; human rights risk situations; social dialogue; technology development and access; climate change mitigation and adaptation; protection of the environment, biodiversity and restoration of natural habitats. Implementation of the triple bottom line synergize with ISO 26000 had a significant effect on the corporate image, both partially (t test) and simultaneously (F test).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Corporate Image, Corporate Social Responsibility, ISO 26000, Triple Bottom Line, ISO 26000
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:44
Last Modified: 11 Jan 2024 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207788
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BIMA PANGENTASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item