Perbandingan Pemberian Pakan Nasi Ikan Pindang Dan Pakan Kucing Komersial (Wet food) Pada Kucing Domestic Short Hair (DSH) Terhadap Total Protein Dan Bilirubin

Putri, Afi Nabilah and drh. Dodik Prasetyo,, M.Vet and drh. Dian Vidiastuti,, M.Si (2023) Perbandingan Pemberian Pakan Nasi Ikan Pindang Dan Pakan Kucing Komersial (Wet food) Pada Kucing Domestic Short Hair (DSH) Terhadap Total Protein Dan Bilirubin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kucing merupakan salah satu hewan kesayangan yang bersifat karnivora. Hewan karnivora merupakan hewan yang memperoleh energi dan nutrisi dari makanan yang berasal dari jaringan hewan (pemakan daging). Fenomena yang sering terjadi di Indonesia adalah masyarakat terbiasa memberikan pakan berupa nasi ikan pindang yang sering kali tidak sesuai dengan takaran nutrisi pada kucing, sehingga akan mengganggu atau menghambat pertumbuhan pada kucing. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan pemberian pakan nasi ikan pindang dan pakan kucing komersial terhadap kadar total protein dan bilirubin pada kucing domestik short hair (DSH). Penelitian ini bersifat eksperimental yang dilakukan pada kucing ras Domestic Short Hair (DSH) yang akan diuji menggunakan desain penelitian One Grup Pretest – Posttest Design dengan perlakuan pemberian nasi – ikan pindang (pretest) dan pakan kucing komersial (posttest) dan parameter serum darah. Data kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistika menggunakan SPSS. Data yang diperoleh dari hasil pemeriksaan kimia darah dianalisis secara deskriptif dan komparasi menggunakan Paired T-Test dan Wilcoxon Test untuk mengetahui ada atau tidaknya variabel yang bebas dan terikat. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kadar total protein dalam darah adalah 8,72 g/dL (pretest) dan 8,82 (posttest) dengan nilai hasil Paired t-test yaitu 0,578 yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh pada pemberian nasi ikan pindang dan makanan kucing komersial. Rata-rata kadar bilirubin dalam darah adalah 0,22 (pretest) dan 0,28 (posttest) dengan nilai pada uji paired t-test yaitu 0, 312 yang menandakan bahwa tidak ada pengaruh dari pemberian pakan nasi ikan pindang dan makanan kucing komersial.

English Abstract

Cats are one of the pets that are carnivorous. Carnivorous animals are animals that obtain energy and nutrition from food derived from animal tissue (meat eaters). A phenomenon that often occurs in Indonesia is that people are used to giving food in the form of boiled fish rice which is often not in accordance with the nutritional doses for cats, so that it will interfere with or inhibit the growth of cats. The aim of the study was to determine the ratio of boiled fish rice and commercial cat feed to total protein and bilirubin levels in domestic short hair (DSH) cats. This research is an experimental research conducted on Domestic Short Hair (DSH) cats which will be tested using the One Group Pretest – Posttest Design research design with the treatment of rice – boiled fish (pretest) and commercial cat food (posttest) and blood serum parameters. The data is then processed using statistical analysis using SPSS. The data obtained from the blood chemistry examination results were analyzed descriptively and in comparison using the Paired T-Test and Wilcoxon Test to determine the presence or absence of independent and dependent variables. The results showed that the average total protein level in the blood was 8.72 g/dL (pretest) and 8.82 (posttest) commercial cat food with the Paired t-test result value of 0.578 which means that there is no effect on giving boiled fish rice and commercial cat food. The average level of bilirubin in the blood was 0.22 (pretest) and 0.28 (posttest) with a value on the paired t-test of 0.312 which indicated that there was no effect of feeding pindang fish rice and commercial cat food.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052313
Uncontrolled Keywords: Kucing, nasi ikan pindang, pakan kucing komersiall, Total Protein, Bilirubin.-Cats, Salted-Boiled Fish (Pindang), Commercial Cat Food, Total Protein, Bilirubin
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Unnamed user with email prayoga
Date Deposited: 10 Jan 2024 10:57
Last Modified: 10 Jan 2024 10:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207718
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afi Nabilah Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item